Volume 2, Issue 1 (2014)
Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia
Affiliation Details
  • Siti Maryam Fadhilah Palestina: Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Almuslim Bireuen
  • Samingan Samingan: Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas
  • Evi Apriana: Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Serambi Mekkah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran antara penerapan berbasis masalah dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Bireuen. Metode penelitian adalah metode eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling terdiri dari kelas kelas eksperimen (pembelajaran berbasis masalah) dan kelas sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Teknik analisis data dilakukan dengan uji-t. Kesimpulan penelitian ini terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis secara signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Kritis, Sistem Pernapasan Manusia


This research aimed at knowing the difference of students’critical thinking ability after learning process by using problem-based learning and conventional learning. This is done at SMAN 4 Bireuen. This research used experimental method. The sample of the research was 2 classess determined by cluster random sampling. The data were analyzed by using t-test. The result showed that there was significant different of students’ critical thinking ability between the students taught by using problem-based learning and students taught by using conventional learning.

Keywords: Problem Based Learning, Critical Thinking, Human System Respiratory

28

TOTAL VIEWS

1

DOWNLOADS

ALTMETRICS

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)