PENERAPAN PERMAINAN SENTRA PERSIAPAN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN CALISTUNG TEHADAP ANAK INKLUSIF
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyusunan metode pembelajaran pusat pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan sangat menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran centre games yang digunakan guru dalam menggugah tumbuh kembang anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian tentang penyusunan play center yang dilakukan oleh guru disesuaikan dengan tema dan sub tema, metode yang digunakan guru dalam penyusunan play center dapat mengembangkan pemahaman anak. Model pendidikan anak yang semacam ini merupakan suatu korelasi atas suatu dunia pendidikan dunia yang intergratif yang muncul sebelumnya. Dunia pendidikan segregatif yaitu suatu pendidikan yang memisahkan antara kaum difabel dengan non difabel seharusnya dalam dunia pendidikan tidak boleh memilih bulu tentang siapa anak itu dan bagaimana fisik si anak maupun dari mana berasal anak itu dalam suatu persekolahan tidak boleh melakukan suatu perpisahan antara anak normal dan anak norma karena semua anak memilik hak yang salam terhadap dunia pendidikan. Sebelumnya ada suatu anggapan bahwa pencampuran kelompok difabel dan anak non-difabel akan terpengaruh dalam proses pembelajaran anak-anak non- difabel karena ada suatu alasan yang lain yaitu bahwasanya anak-anak difabel membutuhkan pendidikan yang khusus yang berbeda perlakuannya dengan anak-anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anas Sudjono. (2008). Pengatar Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Remaja Grafindo Persada.,
Anggani, S. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: PT Grasindo.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.,
Bouland, D. C. T. H. B. (1998). Active Learning Ofthrees: Active Learning Series. New Jersey: Dale Seymour Publ.,
Gita, R. S. D. (2018). Peningkatan pembelajaran sains anak usia dini melalui pengenalan bagian tanaman berbasis alam di tk ar-rahim jember. SELING Jurnal Program Studi PGRA, 4(1), 86–93
Hasil dan wawancara dengan kepala sekolah pada tanggal 20 mei 2019
Hernani. (2015). Manajemen pendidikan anak berkebutuhan khusus (ABK). Jurnal Anak Berkebutuhan Khusus, 3(2).,
Ibda, F. (2015). Teori Kognitif: Teori Jean Piaget. Jurnal Intelektualita, 3(1).,
Jamaris, M. (2006). Perkembangan Anak Usia Taman Kanak- Kanak. Jakarta: PT Grasindo.,
Lina amelia dan muh fitrah( 2021) Kinerja guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak di taman kanak-kanak Al-Gifari kota bima jurnal pendidikan anak Bunayya vol.7, No.1,
Mahabbati, A. (2010). Pendidikan Inklusif untuk Anak dengan Gangguan Emosi dan Perilaku (Tunalaras). Jurnal Pendidikan Khusus, Vol. 7, pp. 52–63
Munawwarah( 2021). Proses belajar anak usia 0 sampai 12 tahun berdasarkan karakteristik perkembangannya jurnal pendidikan anak Bunayya vol.7, No.1,
Netti, H. (2006). Buku Pendidikan-Pendidikan Usia Dini. Riau: Quantum.,
Numpuniarti. (2010). Perspektif Humanis Religius dalam Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(2).,
Permendiknas. (2006). Pedoman Penerapan Pendekatan BCCT dalam PAUD. Jakarta: Depdiknas Dirjen Paud.,
Purwandari. (2009). Layanan Terapi Suportif bagi Anak Tunalaras Tipe Social Withdrawal. Jurnal Pendidikan Khusus, Vol. 5, pp. 25–43.
Rahayu, S. N. (2013). Memenuhi Hak Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2).
Ria ulfa (2021).peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan brush painting di TK baitusshalihin Ulee kareng banda aceh jurnal pendidikan anak Bunayya vo.7 no.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10419
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Nurafni Siregar, Desi Kurniati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:
Support By: Collaborated With:
Visitors: