UPAYA PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DENGAN OPTIMALISASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
DOI:
https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10428Keywords:
Sekolah, Manajemen Sumber Daya Manusia, Mutu SekolahAbstract
Sekolah merupakan bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran. Sekolah dipimpin oleh seorang kepala sekolah. Kepala sekolah dibantu oleh wakil kepala sekolah. Untuk meningkatkan mutu sekolah kepala sekolah harus mengoptimalkan manajemen sumber daya manusia. Kepala sekolah adalah bagian penting dalam struktur komite sekolah didalam suatu sekolah, baik dari tingkat pendidikan dasar sampai tingkat pendidikan atas. Dalam pelaksanaannya, kepala sekolah mempunyai banyak sekali tugas, wewenang, dan juga fungsi, diantaranya sebagai perencanaan program, pelaksanaan rencana kerja dan sebagai supervisor serta evaluator. Faktor pendukung dan juga penghambat bagi terlaksananya manajemen sumber daya manusia harus diperhatikan agar terciptanya kinerja yang baik dan tujuan sekolah akan tercapaiReferences
Depdikbud. (1999). Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta
Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: CV.Eko Jaya
Hasibuan, (2005). Manajemen sumber daya manusia, Edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hermawan R. Pengembangan sumber daya sekolah. Diambil pada tanggal 10 Juni 2021 dari http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_1h3April_2010/Pengembangan_Sumber_Daya_SekolahRuswandi_Hermawan.pdf
Jones, J.J. & Walters, D.L. (2008). Human resource management in education. Yogyakarta: QMedia
Downloads
Published
2021-07-30
Issue
Section
Articles