PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN IMAJINASI TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA PADA ANAK USIA DINI
Abstract
anak dini, kemampuan berbahasa seseorang menunjukkan kecerdasanya dalam
mengungkapkan kata-kata dan kalimat-kalimat tersentu secara teratur dan
tepat. Kemampuan bercerita anak dipengaruhi oleh kemampuan dasar
imajinasi anak tersebut, setiap anak memiliki kemampuan imajinasi yang
bervariasi, maka secara psikologis guru harus mampu membina dan
mengembangkan kemampuan dasar imajinasi anak agar dapat mencerdaskan
anak tersebut dalam berpikir dan menuangkan imajinasinya ke dalam hal-hal
yang positif. Melalui tulisan ini ingin diungkapkan bagaimana peran guru
dalam mengembangkan imajinasi anak dalam bercerita, dan bagaimana peran
guru untuk mengasah kemampuan anak dalam bercerita Guru memiliki peran
yang sangat penting dalam mengembangkan imanisi anak, mengasah
kemampuan anak agar mampu bercerita melalui imanisi yang ada,
penggunaan metode dan media pembelajaran yang tepat sangat menentukan
keberhasilan guru dalam mengembangkan kemampuan bercerita anak usia
dini. Guru dapat menggunakan metode yang bersesuaian dengan media yang
diterapkan, dalam menembangkan imajinasi anak untuk bercerita guru dapat
menggunakan media visua berupa gambar dan media audio visual berupa film
kartun yang bernuansa Islami.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arief, Armai Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Isalm, Jakarta: Ciputat
Press, 2002
Arsyad, Azhar, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yokyakarta: Pustaka
Pelajar, 2010
., Media Pembelajaran, ( Jakarta: Raja Grafindo Persad, 2009
B. Uno, Hamzah, Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran, Jakarta: Bumi
Aksara, 2009
Gulo, W Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Grasindo, 2008
Sadiman, Arief S Media Pendidikan, pengertian, pengembangan dan pemanfaatanya,
Jakarta: Grasindo Persada,2008
Santana, K, Setiawan Menulis ilmiah: metode penelitian kualitatif,Jakarta: Yayasan
Obor Indonesia, 2007
Sudomo, Anggani, Sumber Belajar dan Alat Permaian,( Untuk Pendidikan Anak
Usia Dini, Jakarta; Grasindo, 2000
Susilana, Rudi Media Pembelajaran, hakikat, pengembangan, dan penilaian Bandung:
Wacana Prima
Tarigan, Djago Teknik Pengajaran Berbahasa, Bandung: Angkasa, 2003
Musfirah, Taqdiraatul, Menumbuhkembangkan Baca-tulis anak Usia Dini, Jakarta:
Grasindo, 2009
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.1323
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak
Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:
Support By: Collaborated With:
Visitors: