KONSEP PEMBINAAN ANAK SHALIH DALAM PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.1325Keywords:
Konsep, Anak Shalih, dan Pendidikan IslamAbstract
Jurnal ini mengkaji tentang konsep pembinaan anak dalam tinjauan pendidikan Islam. Konsep pemibanaan anak shalih dalam pendidikan Islam senantiasa merujuk pada tuntunan al-Qur’an dan al-Hadits. Pembinaan anak harus dilakukan secara intergral dengan melibatkan triipusat kependidikan, yakni keluarga, sekolah dan masyarakat. Ketiga wadah tersebut perlu memperkuat kerjasama dan bertanggung jawab secara kolektif bagi pembinaan anak. Dalam pendidikan Islam, meskipun ketiga lembaga di atas memiliki tanggung jawab dan peranan yang sama dalam hal pembinaan anak, namun tanggung jawab orang tua dikeluarga tetap yang utama dibandingkan sekolah dan masyarakat. Pendidikan di rumah tangga menjadi cikal bakal utama yang memiliki peranan cukup singnifikan dan nilai lebih dibandingkan sekolah dan masyararakat. Adapun yang menjadi cakupan materi inti dalam pembinaan anak mencakup tiga aspek dasar, yakni Aqidah, Ibadah, dan Akhlak. Internalisasi kertiga aspek materi pendidikan ini perlu diupayakan melalui pemberian keteladan, pembiasaan, cerita, ceramah, serta metode diskusi. Kesemuaan metode di atas, menjadi kunci strategis dalam pembinaan anak. Implikasi inilah yang nantinya melahirkan pribadi muslim yang utuh, yang di samping memiliki Knowledge (pengetahuan) juga memiliki moralitas yang tinggi yang akan berguna bagi nusa dan bangsa.References
Ahmadi, Abu. Pengantar IlmuPendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1993.
Al-Abrasy, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Terj. Johar Bahri, Jakarta: Bulan
Bintang, 1974.
Al-Bukhari, Shahih Bukhari juz IV Darul Muthabi, Mesir: Asy-Sya’bi, t.t.
al-Qatthan, Manna Khlmil. Studi Ilmu-ilmu Qur'an, terj. Mudzakir AS, Jakarta:
Lentera Antar Nusa, 2000.
Aly, Herry Noer. Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.
Arifin, Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan
Pendekatan Interdesipliner, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Arsyad, M. Nasir. Seputar Rukun Islam, Cet. II, Bandung: Al-Bayan, 1990.
Az-Zain, Muhammad Basam Rusyidi. Sekolah para Nabi, Cet. I, Yogyakarta:
Bernadib, Imam. Filsafat Pendidikan, Sistem dan Metode, Yogyakarta: Yayasan
Penerbitan IKIP Yogyakarta, 1990.
Budiman, M. Nasir. Pendidikan dalam Prespektif al-Qur’an, Cet I, Jakarta: Madani
Press, 2002.
Bukhari, Imam. Shahih Bukhary, Juz I (Mesir: Darul Watathabil Asy-Sya’bi, t.t..
Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam, Cet. V, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Langgulung, Hasan. Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam, Bandung: Al-
Ma'arif, 1991.
Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam, Cet III, Jakarta: Logos Wacana Ilmu,
Nurhafni, Cut. Pola bimbingan Orang tua dalam Pembentukan Anak Shlmih, Banda
Aceh: STAI tengku Chik Pante Kulu, 2003.
Quthb, Muhammad. Sistem Pemikiran Islam, Terj. Djohar Bahri, Bandung: Al-
Ma'arif, 1984.
Rahmaan, Jamaal Abdur. Tahapan Mendidik Anak Teladan rasulullah Saw,
Terj.Bahrun Abubakar Ihsan Zubaidi, Cet. I, Bandung: Irsyad Baitus
Salam, 2005.
Ruqaith, Hamad Hasan. Sudahkah Anda Mendidik Anak Dengan Benar?, Terj.
Luqman Abdul Jalal, (Jakarta: Cendekia, 2004.
Shihab, Quraish. Membumikan Al-Qur'an, Bandung: Mizan, 1982.