KONSEP PEMBINAAN ANAK SHALIH DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Samsuardi Samsuardi

Abstract


Jurnal ini mengkaji tentang konsep pembinaan anak dalam tinjauan pendidikan
Islam. Konsep pemibanaan anak shalih dalam pendidikan Islam senantiasa
merujuk pada tuntunan al-Qur’an dan al-Hadits. Pembinaan anak harus
dilakukan secara intergral dengan melibatkan triipusat kependidikan, yakni
keluarga, sekolah dan masyarakat. Ketiga wadah tersebut perlu memperkuat
kerjasama dan bertanggung jawab secara kolektif bagi pembinaan anak. Dalam
pendidikan Islam, meskipun ketiga lembaga di atas memiliki tanggung jawab
dan peranan yang sama dalam hal pembinaan anak, namun tanggung jawab
orang tua dikeluarga tetap yang utama dibandingkan sekolah dan masyarakat.
Pendidikan di rumah tangga menjadi cikal bakal utama yang memiliki peranan
cukup singnifikan dan nilai lebih dibandingkan sekolah dan masyararakat.
Adapun yang menjadi cakupan materi inti dalam pembinaan anak mencakup
tiga aspek dasar, yakni Aqidah, Ibadah, dan Akhlak. Internalisasi kertiga aspek
materi pendidikan ini perlu diupayakan melalui pemberian keteladan,
pembiasaan, cerita, ceramah, serta metode diskusi. Kesemuaan metode di atas,
menjadi kunci strategis dalam pembinaan anak. Implikasi inilah yang nantinya
melahirkan pribadi muslim yang utuh, yang di samping memiliki Knowledge
(pengetahuan) juga memiliki moralitas yang tinggi yang akan berguna bagi
nusa dan bangsa.

Keywords


Konsep, Anak Shalih, dan Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. Pengantar IlmuPendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1993.

Al-Abrasy, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Terj. Johar Bahri, Jakarta: Bulan

Bintang, 1974.

Al-Bukhari, Shahih Bukhari juz IV Darul Muthabi, Mesir: Asy-Sya’bi, t.t.

al-Qatthan, Manna Khlmil. Studi Ilmu-ilmu Qur'an, terj. Mudzakir AS, Jakarta:

Lentera Antar Nusa, 2000.

Aly, Herry Noer. Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Arifin, Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan

Pendekatan Interdesipliner, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Arsyad, M. Nasir. Seputar Rukun Islam, Cet. II, Bandung: Al-Bayan, 1990.

Az-Zain, Muhammad Basam Rusyidi. Sekolah para Nabi, Cet. I, Yogyakarta:

Bernadib, Imam. Filsafat Pendidikan, Sistem dan Metode, Yogyakarta: Yayasan

Penerbitan IKIP Yogyakarta, 1990.

Budiman, M. Nasir. Pendidikan dalam Prespektif al-Qur’an, Cet I, Jakarta: Madani

Press, 2002.

Bukhari, Imam. Shahih Bukhary, Juz I (Mesir: Darul Watathabil Asy-Sya’bi, t.t..

Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam, Cet. V, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Langgulung, Hasan. Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam, Bandung: Al-

Ma'arif, 1991.

Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam, Cet III, Jakarta: Logos Wacana Ilmu,

Nurhafni, Cut. Pola bimbingan Orang tua dalam Pembentukan Anak Shlmih, Banda

Aceh: STAI tengku Chik Pante Kulu, 2003.

Quthb, Muhammad. Sistem Pemikiran Islam, Terj. Djohar Bahri, Bandung: Al-

Ma'arif, 1984.

Rahmaan, Jamaal Abdur. Tahapan Mendidik Anak Teladan rasulullah Saw,

Terj.Bahrun Abubakar Ihsan Zubaidi, Cet. I, Bandung: Irsyad Baitus

Salam, 2005.

Ruqaith, Hamad Hasan. Sudahkah Anda Mendidik Anak Dengan Benar?, Terj.

Luqman Abdul Jalal, (Jakarta: Cendekia, 2004.

Shihab, Quraish. Membumikan Al-Qur'an, Bandung: Mizan, 1982.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.1325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.