PENERAPAN METODE PROYEK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BENTUK GEOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.22373/bunayya.v8i2.14477Keywords:
Konsep Bentuk Geometri, Metode ProyekAbstract
Pemahaman konsep bentuk geometri pada anak usia dini merupakan kemampuan anak dalam mengenal, menjelaskan, menyebutkan serta menggolongkan benda-benda disekitar berdasarkan bentuk geometri. Pemahaman konsep bentuk geometri anak dalam hal mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi, bentuk, warna, atau ukuran tergolong rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan metode tanya-jawab dengan pertanyaan sederhana. Metode proyek dapat menjadi salah satu solusinya karena dapat memberikan pengalaman belajar dengan menghadapkan anak pada persoalan sehari-hari yang harus dipecahkan secara berkelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep bentuk geometri pada anak usia 4-5. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Metode yang digunakan berupa quasi eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelas A1 dan A3 dengan sampel penelitian anak usia 4-5 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode proyek dapat meningkatkan pemahaman anak pada konsep bentuk geometri. Hal ini berdasarkan nilai thitung = 2,08 dan ttabel = 1,70. Dengan demikian thitung > ttabel yaitu 2,08 > 1,70, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.References
Andriyani, Marliya. 2015. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk-Bentuk Geometri Datar Melalui Permainan Tradisional Gotri Legendri Pada Anak Kelas B TK Sunan Kalijaga. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Guru PAUD Edisi 8 Tahun Ke 4.
Herman dan Rusmayadi. 2018. Pengaruh Metode Proyek Terhadap kemampuan Kognitif Anak di Kelompok B2 TK Aisyiyah Maccini Tengah. Makassar: Jurnal ilmu Pendidikan, Keguruan dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1.
Jannah, Lili Alfiatul. 2013. Kesalahan-Kesalahan Guru PAUD yang sering dianggap Sepele. Jogjakarta: Diva Press
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada.
Latif, Mukhar, dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplilkasi, Kencana: Kharisma Putra Utama.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syamsuddin. Dkk. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya