PENERAPAN METODE PROYEK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BENTUK GEOMETRI

Putri Rahmi, Nova Yulianti, Heliati Fajriah

Abstract


Pemahaman konsep bentuk geometri pada anak usia dini merupakan kemampuan anak dalam mengenal, menjelaskan, menyebutkan serta menggolongkan benda-benda disekitar berdasarkan bentuk geometri. Pemahaman konsep bentuk geometri anak dalam hal mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi, bentuk, warna, atau ukuran tergolong rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan metode tanya-jawab dengan pertanyaan sederhana. Metode proyek dapat menjadi salah satu solusinya karena dapat memberikan pengalaman belajar dengan menghadapkan anak pada persoalan sehari-hari yang harus dipecahkan secara berkelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep bentuk geometri pada anak usia 4-5. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Metode yang digunakan berupa quasi eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelas A1 dan A3 dengan sampel penelitian anak usia 4-5 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode proyek dapat meningkatkan pemahaman anak pada konsep bentuk geometri. Hal ini berdasarkan nilai thitung = 2,08 dan ttabel = 1,70. Dengan demikian thitung > ttabel yaitu 2,08 > 1,70, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Keywords


Konsep Bentuk Geometri; Metode Proyek

References


Andriyani, Marliya. 2015. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk-Bentuk Geometri Datar Melalui Permainan Tradisional Gotri Legendri Pada Anak Kelas B TK Sunan Kalijaga. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Guru PAUD Edisi 8 Tahun Ke 4.

Herman dan Rusmayadi. 2018. Pengaruh Metode Proyek Terhadap kemampuan Kognitif Anak di Kelompok B2 TK Aisyiyah Maccini Tengah. Makassar: Jurnal ilmu Pendidikan, Keguruan dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1.

Jannah, Lili Alfiatul. 2013. Kesalahan-Kesalahan Guru PAUD yang sering dianggap Sepele. Jogjakarta: Diva Press

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada.

Latif, Mukhar, dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplilkasi, Kencana: Kharisma Putra Utama.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syamsuddin. Dkk. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i2.14477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Putri Rahmi, Nova Yulianti, Heliati Fajriah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.