BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN

Sukatin, Agatha Dianovi, Damayanti Siregar, Indi Mawaddah, Suryaningsih

Abstract


Guru Pembimbing atau konselor adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memberikan bimbingan dan konseling disekolah secara sadar terhadap perkembangan kepribadian dan kemampuan siswa baik dari aspek jasmani maupun rohani agar siswa mampu hidup mandiri dan memenuhi berbagai tugas perkembangannya sebagai makhluk Allah disamping makhluk individu dan makhluk sosial, susila, beragama, dan berbudaya. Konseling adalah upaya membantu individu melalui proses interaksi yang bersifat pribadi antara konselor dan konseli agar konseli mampu memahami diri dan lingkungannya, mampu membuat keputusan dan menentukan tujuan berdasarkan nilai yang diyakininya sehingga konseli merasa bahagia dan efektif perilakunya. Bimbingan Konseling berada dalam posisi kunci dalam sebuah lembaga pendidikan, yaitu institusi sekolah sebagai pendukung maju atau mundurnya mutu pendidikan. Peran bimbingan dan konseling dalam meningkatkan mutu pendidikan tidak hanya terbatas kepada bimbingan yang bersifat akademik tetapi juga bimbingan pribadi, sosial, intelektual, dan pemberian nilai.

Keywords


Tujuan; Bimbingan; Konseling

References


El Fiah Rifdah, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M): IAIN Raden Intan Lampung, 2015

Fahyuni Eni Fahriatul, Buku Ajar Bimbingan dan Konseling Islami di Sekolah, UMSIDA Press: Sidoarjo Jawa Timur, 2018

Lesmana Gusman, Kapita Selekta Pelayanan Konseling, Bahan Ajar Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMSU: Sumatera Utara Medan, 2021

Tarmizi, Bimbingan Konseling Islami, Medan, april, 2018

Subandi, Aprezo Pardodi Maba, Evi Kartika Chandra, Manajemen Mutu Bimbingan & Konseling, Lampung Tengah, 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i2.14480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sukatin, Agatha Dianovi, Damayanti Siregar, Indi Mawaddah, Suryaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.