BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.22373/bunayya.v8i2.14480Keywords:
Tujuan, Bimbingan, KonselingAbstract
Guru Pembimbing atau konselor adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memberikan bimbingan dan konseling disekolah secara sadar terhadap perkembangan kepribadian dan kemampuan siswa baik dari aspek jasmani maupun rohani agar siswa mampu hidup mandiri dan memenuhi berbagai tugas perkembangannya sebagai makhluk Allah disamping makhluk individu dan makhluk sosial, susila, beragama, dan berbudaya. Konseling adalah upaya membantu individu melalui proses interaksi yang bersifat pribadi antara konselor dan konseli agar konseli mampu memahami diri dan lingkungannya, mampu membuat keputusan dan menentukan tujuan berdasarkan nilai yang diyakininya sehingga konseli merasa bahagia dan efektif perilakunya. Bimbingan Konseling berada dalam posisi kunci dalam sebuah lembaga pendidikan, yaitu institusi sekolah sebagai pendukung maju atau mundurnya mutu pendidikan. Peran bimbingan dan konseling dalam meningkatkan mutu pendidikan tidak hanya terbatas kepada bimbingan yang bersifat akademik tetapi juga bimbingan pribadi, sosial, intelektual, dan pemberian nilai.References
El Fiah Rifdah, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M): IAIN Raden Intan Lampung, 2015
Fahyuni Eni Fahriatul, Buku Ajar Bimbingan dan Konseling Islami di Sekolah, UMSIDA Press: Sidoarjo Jawa Timur, 2018
Lesmana Gusman, Kapita Selekta Pelayanan Konseling, Bahan Ajar Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMSU: Sumatera Utara Medan, 2021
Tarmizi, Bimbingan Konseling Islami, Medan, april, 2018
Subandi, Aprezo Pardodi Maba, Evi Kartika Chandra, Manajemen Mutu Bimbingan & Konseling, Lampung Tengah, 2018
Downloads
Published
2022-07-23
Issue
Section
Articles