EFEKTIVITAS METODE IQRO’ MODIFIKASI DENGAN TEKNIK PEMBIASAAN DALAM MENGINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYYAH ANAK USIA DINI DI KB PAUD MELATI BANDA ACEH.

Lina Amellia, Mik Salmina, Siti Hasibah

Abstract


Judul Penelitian ini adalah †Efektivitas Metode Iqro‟ Modifikasi dengan Teknik
Pembiasaan dalam Mengingkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyyah Anak
Usia Dini Di KB PAUD Melati Banda Aceh. Metode Iqro‟ modifikasi merupakan
salah satu cara cepat dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyyah dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode Iqro‟ modifikasi di
Kelompok Bermain PAUD Melati Banda Aceh dalam mengenal huruf hijaiyyah.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-experimental one group
pretes-posttes design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak Kelompok
Bermain PAUD Melati Banda Aceh. Adapun instrumen penelitian ini adalah
lembar tes pre-test dan posttest. Teknik yang digunakan dalam analisis data
adalah pengolahan data tes awal dan tes akhir (pre-test posttest), uji normalitas,
uji homogenitas, pengujian hipotesis dan pengambilan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh efektif metode Iqro‟
modifikasi dengan teknik pembiasaan terhadap hasil belajar mengenal huruf
hijaiyyah KB PAUD Melati Banda Aceh. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata
post test 80,625. Dapat dilihat dari hasil analisis data yaitu menggunakan uji t,
serta dilakukan dengan pengujian hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 dan
derajat kebebasan (dk) = 5, di peroleh t hitung = 19,39 dan t tabel = 1,71, sehingga
t hitung > t tabel yaitu 19,39 > 1,71, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hal
ini menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf hijaiyyah dengan metode
iqro‟ modifikasi lebih efektif di bandingkan sebelum menggunakan metode iqro‟
modifikasi.

Keywords


Efektivitas, Metode Iqro’ modifikasi, Huruf hijaiyyah. ABSTRACT

References


Al - Quranul Karim.

Abi Alfiyah, 2015,†Efektivitas Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan

Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas II di MIT- Al-Mabrur Tawangsariâ€,

skripsi. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyyah Surakarta.

Khairani, 2015, Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Arab Melalui Media Huruf

Hijaiyyah di Kelompok B TK Al- Qur’an I Samahani, Skripsi Prodi

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. STKIP Bina Bangsa

Getsempena Banda Aceh.

Kurniajaya, I. (2007), Studi Tentang Penggunaan Media Audio Dalam Pembelajaran

Menghafal Al Qur’an. Skripsi. Jurusan KURTEK FIP UPI, Bandung. Tidak

diterbitkan.

Muthmainnah, 2015, Penerapan Permainan Kartu Huruf dalam Meningkatkan

Pemahaman Huruf Hijaiyyah di Kelompok A TK Anzib Lamnyong Banda

Aceh. Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. STKIP

Bina Bangsa Getsempena.

Sugiono, 2008, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v3i2.1700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.