PERKEMBANGAN OTAK PADA ANAK USIA DINI:KAJIAN DASAR NEUROLOGI DAN ISLAM

Miftahul Jannah

Abstract


Otak adalah organ utama manusia untuk menjaga kesimbangan fisik dan psikis manusia mulai dari tahapan perkembangan dalam kandungan, bayi, kanak-kanak, remaja sampai usia dewasa dan lansia. Otak menuntun manusia untuk berperilaku positif dan negatif. Otak akan berfungsi positif dalam suasana lingkungan yang positif dan sebaliknya akan berkembang negatif dalam lingkungan yang negatif. Berat otak bayi yang baru lahir 370 g, kemudian pada usia tiga tahun berat otak anak menjadi sekitar seperempat sampai sepertiga dari berat otak orang dewasa, sekitar 1.400 sampai 1.500 g. Perkembangan otak ini dikenal dengan usia “Golden Age”. Setiap orangtua atau significant others yang membesarkan anak harus memahami bahwa pada anak usia dini otak akan berkembang pesat dan sel-sel sel saraf akan berfungsi kuat dan pesat jika diberikan stimulus respon  yang tepat. Maknanya anak akan sangat cepat memahami dan cepat meniru dan menghafal apa yang didengar, dilihat, dan diamatinya. Bagi setiap orang yang membesarkan anak, seorang pendidik, baby sitter pun harus mengerti dan memahami bahwa otak adalah organ tubuh manusia yang harus dilindungi dan dijaga agar tidak terkena benda benda keras dan tajam dan tidak terjadi benturan berat dan luka yang dalam yang menjadikan kerusakan pada tumbuh kembang otak. Kajian ini untuk menjadi referensi awal untuk mengetahui bagian bagian otak untuk mengetahui bahwa otak memiliki bagian-bagian yang memiliki fungsinya masing-masing sesuai dengan hasil kajian ilmiah para ahli saraf.

 


Keywords


Perkembangan, Anak usia Dini, Neurologi, Islam

Full Text:

PDF

References


Halfon, Neal; Shulman, Ericka; Hochstein, Miles. “Building Community Systems For.” 2001.

Juwaini. “Konsep Aqal Menurut Al-Farabi an Inbbu Sina.” Substantia 12, no. 2 (2010): 381–91.

Khotimah, Ihda Husnul. “Akal Dan Otak Dalam Telaah Al Qur’an Dan Neurosains.” MASALIQ 3, no. 3 (2023): 396–405. Universitas Ahmad Dahlan.

S.C.Lee, Philip David Zelazo; wendy. “Brain Development,” 2010.

Thompson, Ross A, and Charles A Nelson. “Developmental Science and the Media.” American Psychologyst. 2001. https://doi.org/10.1037//0003-066X.56.1.5.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.18499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Miftahul Jannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.