PENGARUH MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF POHON ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 Tahun

Mila Roza, Syahrul Ismet

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruhnya media powerpoint interaktif pohon angka terhadap kemampuan berhitung anak di TK Tunas Murni Batu Taba Ampek Angkek Agam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen semu. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes perbuatan, sementara pengambilan data dan sampel menggunakan metode area sampling. Populasi yang menjadi fokus penelitian adalah seluruh peserta didik TK Tunas Murni Batu Taba Ampek Angkek Agam, yang berjumlah 32 anak. Sampel penelitian ini terbagi menjadi 16 kelas Shafa dan 16 kelas Marwa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen menggunakan media powerpoint interaktif pohon angka, rata-rata nilai kemampuan berhitung adalah sebesar 18,31. Sedangkan kelas kontrol yang menggunakan kartu angka memperoleh rata-rata nilai sebesar 14,25. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0,01 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan powerpoint interaktif pohon angka memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berhitung anak di TK Tunas Murni Batu Taba Ampek Angkek Agam.


Keywords


Powerpoint, Pohon Angka, Kemampuan Berhitung

References


Arisnaini, “Penggunaan Media Pohon Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Angka di TK Aceh Banda School,” Serambi Konstruktivis, 4.2 (2022), 2656–5781

Ariyantini, Komang Yuni, dan I Made Tegeh, “Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Powerpoint Pada Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Tema 8,” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 5.2 (2022), 250–59

Batubara, Fitri Amaliyah, Nurhalima Tambunan, dan Nanda Rahayu Agustia, Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Berbasis Power Point (Jl. Puntadewa, Ngebel, Taman Tirto, Kec. Kasihan, Kabuoaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta: PT. Green Pustaka Indonesia, 2023)

Copley, Juanita V, The young child and mathematics (Washington: DC: National Association for the Education of Young Children., 2010)

Firmansah, Muhammad Lukman Haris, “Peran Permainan Pohon Angka dalam menstimulasi Pengetahuan Visual Mengenal Angka 1-10 pada Anak Usia 4-5 Tahun,” Child Education Journal, 1.1 (2019), 44–50

Fitri, Mardi, “Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Menjemur Angka Pada Anak Kelompok B3 TK Adhyaksa Banda Aceh,” Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri AR-RANIRY Banda Aceh, 2019, 1–161

Ira Zulkifli, Tadzkirah, “Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Kotak Matematika Di Tk Reina Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar,” Jurnal Tunas Cendekia, 3.1 (2020), 113–21

Klinken, Eduarda Van, dan Emma Juleff, “They still can’t count assessing and supporting children’s counting difficulties in the early years of schooling,” APMC, 20.4 (2015), 9–13

La-sule, Sariyanti, Rosita Wondal, dan Nurhamsa Mahmud, “Pemanfaatan Media Pohon Angka Untuk Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini,” Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 3.1 (2021), 23–35

Lisa, “Pengenalan Berhitung Matematika Pada Anak Usia Dini,” IV (2018), 1–14

Malapata, Elisa, dan Lanny Wijayanigsih, “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3.1 (2019), 283

Manurung, Purbatua, “Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19,” Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14.1 (2021), 1–12

Ramadani, Ridho, Efektivitas Pemanfaatan Media Power Point Dalam Perkuliahan Pada Prodi PAI Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN AR-RANIRY Banda Aceh, Universitas Islam Negeri (UIN) AR-RANIRY Darussalam, Banda Aceh, 2022

Susanto, Ahmad, Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya (Jakarta: Prenadamedia Group, 2011)

Ulya, Anisa Chairumil, dan Zulminiati, “Efektivitas Penggunaan Media Power Point Terhadap Kemampuan Matematika Anak Di Taman Kanak-Kanak,” Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6.1 (2022), 80–92




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i2.20752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mila Roza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.