DAMPAK PEMISAHAN KELAS LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN TERHADAP PERKEMBANGAN JATI DIRI ANAK DI TK AL HUSNA KABUPATEN SOLOK SUMATERA BARAT

Nisa Amalia Husna, Yaswinda Yaswinda

Abstract


Pemisahan kelas anak laki-laki dan perempuan merupakan fenomena yang tidak umum di PAUD., sehingga kondisi ini menjadi sesuatu yang beda dan menarik untuk diteliti.  Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dengan menggunakan dengan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah orang tua anak, guru kelas, orangtua alumni serta guru SD alumni. Cara pengambilan menggunakan teknik snowball sampling. Dari Teknik sampling terpilih 4 orang tua alumni, 4 orang tua anak, 2 orang guru SD, 2 orang guryu PAUD dan satu orang kepala sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Teknik analisis data memakai analisis model interaktif terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang diperoleh dari penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan temuan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwagambaran jati diri individu dan social anak berkembang dengan sehat.  Dampak positifnya anak terbuka dalam mengungkapkan perasaan dan dapat memperlakukan teman sesuai gendernya. Dampak negative tidak terlalu terlihat hanya anak sedikit bergaul bebas dengan lawan jenisnya di SD. 


Keywords


Pemisahan Kelas, Anak Laki-laki dan Anak Perempuan, Jati Diri

References


Ashfarina, Indah Noer, and Soedjarwo Soedjarwo, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)’, EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4.2 (2023), 1355–64

Chapman, Rachel, ‘Moving beyond “Gender-Neutral”: Creating Gender Expansive Environments in Early Childhood Education’, Gender and Education, 34.1 (2022), 1–16

Dewi, Ida Ayu Putu Melly Puspita, Gusti Ayu Kadek Arni Suwedawati, and Ni Kadek Sepriani, ‘Peningkatan Karakter Sradha Dan Bhakti Anak Golden Age Melalui Pembuatan Yadnya Sederhana’, Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3.2 (2023), 232–44

Dozan, Wely, and Laily Fitriani, ‘Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Nilai-Nilai Islam Dalam Tradisi Perang Timbung’, Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1.1 (2020), 1–15

HANIFAH, FEBRIANA NURUL, ‘PENERAPAN PEMISAHAN KELAS ANTARA SISWA PUTRA DAN PUTRI DALAM UPAYA PEMBINAAN AKHLAK DI MTS SURYA BUANA MALANG’ (IAIN Kediri, 2018)

Hastuti, Isnaini Budi, Tri Asmawulan, and Qonitah Faizatul Fitriyah, ‘Asesmen PAUD Berdasar Konsep Merdeka Belajar Merdeka Bermain Di PAUD Inklusi Saymara’, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6.6 (2022), 6651–60

Helista, C. Ninuk, Oktaviani Puspitasari, Saskhya Aulia Prima, and Yuni Dwi Anggraini, Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri, 2021

Jannah, Mumayzizah Miftahul, and Harun Rasyid, ‘Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7.1 (2023), 197–210

Kurniah, Nina, Desi Andreswari, and Raden Gamal Tamrin Kusumah, ‘Achievement of Development on Early Childhood Based on National Education Standard’, in International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP, 2018) (Atlantis Press, 2019), pp. 351–54

Mawati, Arin Tentrem, Hanafiah Hanafiah, and Opan Arifudin, ‘Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar’, Jurnal Primary Edu, 1.1 (2023), 69–82

Munawarah, R R D, ‘Dampak Bullying Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus) Di Raudhatul Athfal Mawar Gayo’, Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 2022

Pendidikan, Kementerian, and D A N Teknologi, ‘Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi’, 021, 2023

Perry, David G, Rachel E Pauletti, and Patrick J Cooper, ‘Gender Identity in Childhood: A Review of the Literature’, International Journal of Behavioral Development, 43.4 (2019), 289–304

Purnamasari, Yulia, ‘Manajemen Pengembangan Kreativitas Kognitif Dan Bahasa Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 3.3 (2019), 1324–32

Retnaningsih, Lina Eka, and Ummu Khairiyah, ‘Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini’, SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8.2 (2022), 143–58

Sopiah, Sopiah, Asep Irwansyah, Akmad Subkhi Ramdani, and Putri Ratih Puspitasari, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Kepala Sekolah Dan Guru PAUD Kecamatan Angsana Kabupaten Pandeglang’, Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 5.2 (2023), 268–73

Sulaiman, Umar, Nur Ardianti, and Selviana Selviana, ‘Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini’, NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2.1 (2019), 52–65

Urban, Mathias, Early Childhood Education in Europe. Achievements: Challenges and Possibilities. (ERIC, 2009)

Widyastuti, Ana, ‘Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka PAUD’ (REFEREN, 2022)




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i2.22321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nisa Amalia Husna, Yaswinda Yaswinda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.