ANALISIS BIBLIOMETRI : DAMPAK POLA ASUH STRICT PARENTS TERHADAP KESEHATAN MENTAL DI ERA GENERASI ALPHA

RR. Deni Widjayatri, Anur Winarti, Ashia Flora Destri Putri, Dhea Annastasia Putri, Putri Rahmatun Nisa

Abstract


Strict parents merupakan gaya pengasuhan yang menekankan kedisiplinan dan kesempurnaan pada diri anak. Pola asuh strict parents membawa pengaruh besar terhadap perkembangan dan kesehatan mental anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak pola asuh strict parents terhadap kesehatan mental di era generasi alpha. Akibat dari pola asuh strict parents dihasilkan dampak positif dan negatif. Perbedaan perolehan dampak pola asuh strict  parents dilandasi oleh faktor internal dan eksternal individu. Dampak positif pada anak berupa kematangan emosi dalam menyelesaikan masalah. Sementara itu, dampak negatif pada anak seperti menderita gangguan jiwa, pendendam, serta perasaan tidak bahagia. Metode penulisan yang digunakan yaitu systematic literature review (SLR) yang bersumber dari Google Scholar dan analisis pemetaan bibliometric dengan rentang waktu 2019-2023 sehingga menghasilkan data sebanyak 15 artikel. Penelitian ini dilakukan dengan bantuan aplikasi Publish or Perish untuk memperoleh data dan aplikasi VOSviewer untuk menganalisis data. Dihasilkan 5 kluster (merah, biru, kuning, ungu, dan hijau).


Keywords


Generasi Alpha, Kesehatan, Strict Parents

References


Aslan. Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania. (2019).

Asrina M Saman, D. H. Pola Asuh Orang Tua Milenial dalam Mendidik Anak Generasi Alpha di Era Transformasi Digital. JURNAL BASICEDU. (2023)

Elia Safitri, S. F. Pentingnya Program Parenting Bagi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. (2023).

Inggrit Diasokawati, Y. Pola Asuh Orangtua Di Era Teknologi Digital Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 29 Padang. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. (2019).

Ma’rifah A, S. N. Strategi Koping Orang Tua Terhadap Anak Autis Dan Pola Asuh Orang Tua. Journal of Health Sciences. (2018).

Maula Siti Sarah, Y. W. Perkembangan penelitian bidang manajemen pengetahuan di Indonesia berdasarkan perspektif bibliometrik dengan basis aplikasi VOSViewer. International Journal of Librarianship. (2022).

Novika Purnama Sari, M. H. Higher Levels of Harsh Parenting During the COVID-19 Lockdown in the Netherlands. Sage Journals. (2021).

Olivia, D. N. Dampak Pola Asuh Otoriter (Strict Parents) Terhadap Perilaku Anak Di Sma Immanuel Bandar Lampung . (2022).

Ridlo, I. A. Pandemi COVID-19 dan Tantangan Kebijakan Kesehatan Mental di Indonesia. Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental . (2020).

Rts Desi Paramita Sari, F. Hubungan Pola Asuh Otoriter Dengan Perkembangan Moral Anak Usia Dini (4-6 Tahun) Di Tk Al-Muthma'innah Kota Jambi. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 28. (2021).

Sonia G, A. N. Pola Asuh Yang Berbeda-Beda Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. (2020).

Wahyu, Z. Dampak dari perilaku orang tua strict parents pada perkembangan anak usia dini. (2023).

Yuliandari, R. N. Pola Pengasuhan dan Pendidikan Generasi Alpha. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 108. (2020).

Yulianti Bun, B. T. Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. (2020).

Yupi Royani, D. I. Analisis Bibliometrik Jurnal Marine Research in Indonesia. (2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v10i2.23076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anur Winarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

                                  Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:


                 Support By:                                       Collaborated With:                   

   

               Visitors:

Flag Counter