PENGARUH KEGIATAN MENCETAK MENGGUNAKAN BAHAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN SENI RUPA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK IQRA’ PADANG

Yulia Lisma Ningsih, Farida Mayar

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berlatar belakang dari kurangnya ketertarikan anak dalam kegiatan seni sehingga membuat perkembangan seni rupa anak menjadi tidak berkembang dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Kegiatan Mencetak menggunakan bahan alam terhadap Kemampuan Seni Rupa Anak di Taman Kanak-Kanak Iqra’ Padang. Penelitin ini menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 14 orang pada kelas B1. Teknik pengumpulan data melalui tes perbuatan dan dokumentasi, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan terakhir dilakukannya uji hipotesis. Data yang terkumpul kemudian di analisis sehingga di peroleh nilai rata-rata pretest 12,92 dan post-test 17,93 dan kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan paired sample t-test diperoleh 0,00 < α 0,05 yang berarti Ho di tolak dan Ha di peroleh  sehingga dapat di tarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kegiatan mencetak menggunakan bahan alam terhadap kemampuan seni rupa anak di Taman Kanak-Kanak Iqra’ Padang.

 

Kata Kunci : Anak usia dini, Kegiatan mencetak, Seni rupa


References


Arifudin, Opan, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (widina Bhakti Persada Bandung, 2016)

Fauziani, Nabila, and Atin Fatimah, ‘Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mencetak Dengan Bahan Alam’, Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4.2 (2017), 125

Fitriani, Dewi, Salami Mahmud, and Umar Abdul Aziz, ‘Kajian Fase Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Dalam Kurikulum Merdeka Belajar’, Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 9.1 (2023), 112

Islam, Universitas, Negeri Sultan, Aji Muhammad, Idris Samarinda, Siti Nor Asiah, and Arrum Alfianingsih, ‘Pengaruh Kegiatan Mencetak Dengan Pelepah Pisang Terhadap Kreativitas Mewarnai Anak Robingatin’, Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, 3.1 (2022), 37–45

Isnaini, Indri Dwi, Denok Julianingsih, and Mira Pradipta Aryanti, ‘Sosialisasi Pola Asuh Yang Tepat Dan Pentingnya Memahami Karakteristik Anak Usia Dini Di TK Dharmawanita Gedangan’, Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2.2 (2022), 1–8

Mayar, F, Seni Rupa Untuk Anak Usia Dini (yogyakarta: Deepublish, 2022)

Ngaisah, Nur Cahyati, * Munawarah, and Reza Aulia, ‘Perkembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini’, Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 9.1 (2023), 1

Primawati, Yayuk, ‘Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini’, Journal of Early Childhood Studies, 1.2 (2023), 1–10

Remida Sagala, Kamtini, ‘Pengaruh Kegiatan Mencetak Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B Di TK Assisi Medan Tahun Ajaran 2018 / 2019’, Jurnal Usia Dini, 5.2 (2019), 29–38

Rijkiyani, Rike Parita, and Nida Mauizdati, ‘Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Pada Masa Golden Age’, 6.3 (2022), 4905–12

Rojabiatun, Nurlaili, ‘Mengembangkan Kemampua Seni Melalui Kegiatan Mencetak Menggunakan Sayuran Pada Anak Kelompok A TK Kusuma Mulia Manggis Kecamatan Puncu Kabupaten Kendiri Tahun Pelajaran 2016/2017’, Simki-Pedagogia, 01.07 (2017), 1–7

Rolina, Nelva, ‘Memahami Psikologi Perkembangan Anak Bagi Pengembangan Aspek Seni Anak Usia Dini’, Suparyanto Dan Rosad (2015, 5.3 (2020), 248–53

Sarwono, Ridha, and Sari Artisa, ‘Peningkatan Kreativitas Seni Rupa Anak Melalui Kegiatan Mencetak Dengan Bahan Alam Di TK Muslimat NU 02 Singorojo Kendal’, 02.20 (2022)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif (Bandung: Alfabeta, 2018)

———, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif Kualitatif Kombinasi R&D Dan Penelitian Pendidikan, 3rd edn (Bandung: Alfabeta, 2023)

Sumanto, Pengembangan Kreativita Seni Rupa Anak TK (jakarta : Direktur Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Kependidikan, 2005)




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v10i1.23905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yulia Lisma Ningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

                                  Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:


                 Support By:                                       Collaborated With:                   

   

               Visitors:

Flag Counter