PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MORAL ANAK USIA 4-5 TAHUN

Haya Mudianti, Revina Rizqiyani

Abstract


Latar belakang masalah penelitian di TK Tunas Harapan bahwa kurang kejujuran anak dalam berbicara seperti anak tidak mau mengakui kesalahan anak tidak meminta izin saat menggunakan atau memakai barang yang bukan miliknya, kurangnya kepedulian anak terhadap lingkungan seperti anak tidak mau membantu teman yang membutuhkan bantuan dan kurangnya anak dalam moral memaafkan kesalahan anak enggan memaafkan dan meminta maaf saat melakukan kesalahan. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji kelayakan media buku cerita digital untuk meningkatkan moral anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE yaitu analisis, design, development, implementation, evaluation. Jumlah subjek dalam ini 15 anak usia 4-5 tahun. Teknik analisis yang digunakan yaitu skala likert. Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran buku cerita digital sangat layak digunakan sebagai media pemebelajaran yang dibuktikan dari validasi ahli materi dengan persentase 94,11% dan ahli media dengan persentase 95,31% dan respon guru dengan persentase 91,66%. Setelah dilakukan uji coba peserta didik tahap 1 mencapai skor 80,72% dan pada tahap 2 mencapai skor 92,70% buku cerita digital dapat meningkatkan perkembangan moral anak usia 4-5 tahun.

Keywords


Media Buku Cerita, Moral, Anak Usia Dini



DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v11i1.28024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Haya Mudianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

                                  Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:


                 Support By:                                       Collaborated With:                   

   

               Visitors:

Flag Counter