Volume 11, Issue 2 (2025)
PENGARUH PERMAINAN UNO STACKO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KARTIKA II-1 KOTA PALEMBANG
Affiliation Details
  • Dwi Hanny Putri Aulia: sriwijaya university
  • Akmillah Ilhami: Universitas Sriwijaya

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya stimulasi logika anak melalui media bermain yang terstruktur di TK Kartika II-1 Kota Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak permainan Uno Stacko terhadap kemampuan berpikir logis anak usia 5–6 tahun. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one-group pretest-posttest, karena sesuai untuk mengukur perubahan tanpa kelompok kontrol. Sampel terdiri dari 14 anak yang dipilih dengan simple random sampling. Data dikumpulkan melalui observasi terstruktur dan dianalisis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil menunjukkan peningkatan skor dari 62,36 (pretest) menjadi 85,21 (posttest), dengan signifikansi 0,049 (< 0,05), yang menandakan adanya pengaruh signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa Uno Stacko efektif menstimulasi kemampuan klasifikasi, analisis pola, dan pemahaman sebab-akibat. Penelitian ini merekomendasikan Uno Stacko sebagai media pembelajaran menyenangkan untuk guru PAUD dan orang tua guna mendukung perkembangan kognitif anak usia dini.


Kata Kunci: Uno Stacko, Kemampuan Berpikir Logis, Anak Usia 5-6 Tahun, Stimulasi Kognitif

21

TOTAL VIEWS

23

DOWNLOADS

ALTMETRICS

References

Ashadi, F. (2022). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di Tk Al Ihsan Banyuwangi. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 6(1). https://doi.org/10.31537/ej.v6i1.649

Baidha, P. S. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini Di Tk Fatimah Palembang. HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 3(01), 203–210. https://doi.org/10.62668/hypothesis.v3i01.877

Dewi Niswatul Fithriyah, Yulia, N. M., Suttrisno, Midya Yuli Amreta, & Sanjung Ariesta Utami. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Komunikatif Melalui Permainan Uno Stacko. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 421–428. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.129

Gusliati, P. (2022). Bentuk Kegiatan Pembelajaran Seni Rupa di Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda Padang. Jurnal Pelita PAUD, 4(1). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.830

Hijriati, P. R. (2021). Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1). https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9295

Juairiyah, J., & Watini, S. (2022). Penerapan Reward Asyik Dalam Meningkatkan Kemampuan Emosional Anak Dengan Permainan Uno Stacko. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2095. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2095-2102.2022

Muslim, Ambiyar, Wakhinuddin, Usmeldi, & Arif, A. (2023). The Impact of Problem-Based Learning on Learning Outcomes Using the Effect Size Calculator for T-Test. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 6(3), 618–633. https://doi.org/10.23887/ijerr.v6i3.59293

Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking.

Sulistiyono, S. S. W., & Kurnianto, D. (2022). Validity and Reliability of Football School Management Assessment Instruments Based on Quality Management System. Medikora, 21(1), 61–70.

Wahyuni, A. (2023). Bermain Bebas Dan Kreativitas Pada Anak Usia Dini. Tarbiyah Darussalam: Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Keagamaan, 7(01), 82. https://doi.org/10.58791/tadrs.v7i01.285

Wijayanti, F. D., & Lestariningrum, A. (2022). Studi Literatur Pengembangan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Digital. Semdikjar, 143–150.

Wulandari, H., Komariah, K., & Nabilla, W. (2022). Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.91 Usia Dini, 3(1), 78–89 .

Wulandari, A., & Bachtiar, M. Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Penggunaan Permainan Konstruktif Pada Taman Kanak Kanak. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.26858/tematik.v5i1.19708

Author Biography

Dwi Hanny Putri Aulia, sriwijaya university

Keywords: uno stacko, logical thinking skills, 5–6-year-old children