PENGARUH MEMBATIK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH KURAITAJI

Della Syafitri, Indra Jaya -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh membatik terhadap kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Kuraitaji. Kegiatan pengembangan motorik halus ditemukan dilapangan cenderung kepada kegiatan menggambar dan mewarnai. Oleh karena itu, melalui membatik ini peneliti ingin melihat bagaimana perkembangan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kuraitaji. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan bentuk Quasi Eksperiment. Populasi merupakan seluruh murid Paud Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kuraitaji berjumlah 32 orang yaitu kelompok B1, B2, B3. Kelompok B1 di jadikan sampel eksperimen dan B2 sampel kontrol masing-masing berjumlah 10 orang, teknik pengambilan sampel digunakan Cluster Sampling. Dan adapun teknik pengambilan data digunakan tes yang dibuat guru seperti pernyataan sebanyak 3 buah pernyataan serta pengumpulan data berupa lembar pernyataan dalam bentuk kisi-kisi instrumen. Hasil uji perbedaan di dapat rata-rata eksperimen sebanyak 79,99 sedangkan kontrol 70,83. Ditarik simpulan ada pengaruh signifikan dari kegiatan membatik terhadap kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kuraitaji.

Keywords


Membatik; kemampuan motorik halus

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Eliza, D. 2013. Penerapan model pembelajaran kontekstual learning (CTL) berbasis centra di taman kanak-kanak. FIP UNP: Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Ikawati, dkk. 2017. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Pembelajran Membatik Menggunakan Media Tepung Pada Anak Kelompok B PAUD Aisyiyah Iii Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 2 (2), Hal 91-94. http://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/1970

Ismail, Andang. 2012. Education GAMES (cetakan ke 2). Yogyakarta. Pro-U Media

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan anak usia dini. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuntitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryana, Dadan. 2016. Stimulasi & Aspek perkembangan anak. Kencana: Padang

Triharsono, Agung. 2013. Permainan kreatif & edukatif untuk anak usia dini. Yogyakarta: ANDI

Wulandari & Khotimah. 2016. Meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam pita di kelompok A. jurnalmahasiswa.unesa.ac.id, 5(1), Hal 1-7

Yawinda, Y, & Mayar, F. 2018. Pengembangan bahan pembelajaran sains berbasis multisensori ekologi bagi guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten

Agam. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(2), November 2018, Hal 13.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v6i1.6365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.