PEMANFAATAN BAHAN SISA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SENI ANAK USIA DINI DI TK ISLAM KHAIRA UMMAH

Putri Ayu Sridayanty, Rakimahwati -

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi setiap harinya pelaksanaan sentra yang dilakukan di tk tersebut mengadakan rolingan terhadap sentra setiap hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pemafaatan bahan sisa dalam mengembangkan kreativitas seni anak pada sentra Aplikasi di TK Islam Khaira Ummah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknink pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengikuti langkah Miles dan Huberman yaitu 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) verifikasi. Sedangkan teknik pengabsahan data berupa teknik triangulasi. Hasil secara umum menunjukan bahwa pemebelajaran menggunakan bahan sisa pada sentra Aplikasi TK Islam Khaira Ummah guru telah mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Kegiatan yang dilakukan setiap harinya sudah dijalankan sesuai dengan yang telah direncanakan. Kegiatan yang dilalukan setiap harinya menggunakan bahan sisa seperti es krim dari sampul buku, anank ayam dari karton, roket dari sedotan, memercik menggunakan sisir dan sikat gigi dan lainnya. Selanjutnya setelah anak melalukan kegiatan guru akan melakukan evaluasi dengan cara observasi dan penilaian harian.

Keywords


Bahan Sisa, Kreativitas Seni

Full Text:

PDF

References


Hanafi & Sujarwo. (2015). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dengan Memanfaatkan Media Barang Bekas Di Tk Kota Bima. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. (Vol.2 No.2) 215 – 225.

Moleong, Lexy. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rosda.

Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Nurhafizah. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Sia. Jurnal Pendidikan : Early Childhood. (Vol. 2 No. 2), 4.

Rachmawati, Yeni & Euis kurniati. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Rakimahwati. 2012. Model Pembelajaran Sambil Bermain Pada Anak Usia Dini. Padang: Unp Press.

Samsuddin. (2008). Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&R. Bandung: Alfabet.

Sujiono, Yuliani Nurani & Bambang Sujiono. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak.____:indeks

Susanto, Ahmad. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). PT Bumi Aksara.

Suyadi & Ulfa, Maulidya. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yus, Anita. (2011). Penilaian Perkembangan Belajara Anak di Taman Kanak Kanak. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v6i1.6368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.