KARAKTERISTIK BELAJAR ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Herawati, Muthmainnah,

Abstract


Setiap fase kehidupan manusia memiliki karakteristik belajar yang berbeda sesuai dengan kebutuhan perkembangan fisik maupun psikologisnya. Demikian pula halnya anak usia dini, dimana mereka memiliki karakteristik belajar yang mencolok dengan rentang usia selanjutnya; remaja, dewasa maupun lansia, baik secara kualitas maupun sifatnya. Terlebih pada fase dini setiap anak memiliki milyaran sel neuron yang siap untuk dikembangkan dalam berbagai aspek; baik fisik, motorik, intelegensi, sensoris, linguinstik, emosional, dll. Berbagai keistimewaan pada anak usia dini; tidak justru mengurangi upaya optimalisasi pengembangan belajarnya. Hal ini dikarenakan mereka dapat distimulus dan difasilitasi sesuai dengan prinsip dan karakteristik belajarnya yang unik dan khas. Hal ini perlu dipahami dan dikaji secara spesifik dan mendalam karena dengan mengenal ciri belajar anak usia dini yang khas; baik orangtua maupun guru akan dengan mudah melejitkan potensi fitrah mereka agar berkembang dengan sempurna. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) anak usia dini yang distimulus dengan pengalaman-pengalaman belajar yang tepat dan dibutuhkannya akan berkembang sebagai individu yang berkarakter dalam mengoptimalkan seluruh potensi dirinya; (2) anak usia dini memiliki karakteristik belajar yang unik dan diposisikan sebagai seorang raja bagi dunianya, yaitu dunia bermain; (3) anak usia dini memiliki 3 metode dalam belajar, yaitu: peniruan, pengalaman praktis dan berpikir yang tentunya senantiasa dilakukan melalui kegiatan bermain yang menjadi kekhasannya yang menonjol; dan (4) anak usia dini memiliki empat gaya belajar yang juga dapat identifikasi melalui dunia bermain yang disenanginya. Keempat gaya tersebut adalah: auditorial, visual, kinestetik, dan campuran.

Keywords


Karakteristik, Belajar, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Abdullah Nashih ‘Ulwan, Pendidikan Anak dalam Islam, Solo: Insan Kamil, 2012.

Ahmad Zakki Mubarak, Perkembangan Jiwa Agama, (Jurnal Ittihad), Vol. 12 No.

, Oktober 2014.

Aliah B. Purwakania Hasan, Psikologi Perkembangan Islami, Jakarta: Raja

Grafindo Persada, 2006.

Al-Nawawi, Syarakh Shahih Muslim, Vol.15

Badru Zaman, 2017. Esensi Sumber Belajar dalam Pembelajaran Anak Usia Dini,

Modul 01 PAUD 4201.

Bob Samples, Revolusi Belajar untuk Anak: Panduan Belajar Sambil Bermain

untuk Membuka Pikiran Anak-Anak Anda, Bandung: Kaifa, 2002.

Bobby De Porter dan Mike Hernacki, Quantum Learning, Bandung: Kaifa, 1999.

Busyairi Madjidi, Konsep Pendidikan Para Filosof Muslim, Yogyakarta: Al-Amin

Pres, 1997.

Fachruddin Hasballah, Pertumbuhan dan Perkembangan Anak, Banda Aceh: Pena,

Dindin Jamaluddin, Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam, Bandung: Pustaka

Setia, 2013.

Fachruddin Hasballah, Pertumbuhan dan Perkembangan Anak, Banda Aceh: Pena,

Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Rineka Cipta, 2016.

Audah Muhammad Awwad, Mendidik Anak Secara Islami, Jakarta: Gema Insani,

Jhon W. Santrock, Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga, 2007.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, di http://kbbi.web.id/karakteristik

Kartini Kartono, Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan), Bandung: Mandar

Maju, 1995.

M. Sayyid Muhammad Az-Za’balawi, Pendidikan Remaja; Antara Islam dan Ilmu

Jiwa, Jakarta: Gema Insani, 2007.

Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Masitoh, dkk. Strategi Pembelajaran TK, Jakarta: Universitas Terbuka, 2013.

Muhammad Samsudin, Pendidikan Anak Perspektif Islam dan Barat, (Jurnal

Pendidikan), Vol.9 No.1 2015.

Muhammad Taqi Falsafi, Anak Antara Kekuatan Gen dan Pendidikan, Bogor:

Cahaya, 2002.

Muhammad Utsman Najati, Al-Quran dan ilmu jiwa, Bandung: Pustaka Setia,

Munif Chatib, Orangtuanya Manusia; Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan

Menghargai Fitrah Setiap Anak, Bandung: Kaifa, 2015.

Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi

Aksara, 2014.

Neneng Uswatun Hasanah, Konsep Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif

Islam, (Jurnal At-Ta’dib), Vol.4 No.2.

Nur Uhbiyati, Long Life Education; Pendidikan Anak Sejak dalam Kandungan

Sampai Lansia, Semarang: Walisongo Press, 2009.

Ratnawati, Memahami Perkembangan Jiwa Keagamaan Pada Anak dan Remaja,

(Jurnal Fokus: Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan), Vol. 1 No. 01

Retno Susilowati, Pemahaman Gaya Belajar Pada Anak Usia Dini, (Jurnal

Thufula), Vol.1 No.1, Juli-Desember 2013.

Rohimin, Tafsir Tarbawi; Kajian Analitis dan Penerapan Ayat-ayat Pendidikan,

Yogyakarta: Nusa Media, 2008.

Sakilah, Belajar dalam Perspektif Islam; Kaitannya dengan Psikologi Belajar,

(Jurnal Potensia), Vol.14 Edisi 1, Januari-Juni 2015.

Sudarwan Danim, Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta, 2013.

Sunan Abu Dawud: 13/305.

Zakiah Darajat, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v5i1.6379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.