PENGENALAN SAINS ANAK MELALUI PERMAINAN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR

Authors

  • Putri Rahmi, - Dosen Program Studi PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry

DOI:

https://doi.org/10.22373/bunayya.v5i2.6389

Keywords:

Pengenalan Sains, Permainan, Keterampilan Proses Sains Dasar

Abstract

Artikel ini membahas tentang permainan berbasis keterampilan proses sains dasar dalam memperkenalkan sains pada anak. Adapaun yang menjadi komponen utama pada keterampilan proses sains dasar adalah mengamati, membandingkan, mengklasifikasi, megukur dan mengkomunikasikan. Serangkain kegiatan tersebut dipadukan dalam permainan penyelidikan tentang objek dan fenomena alam. Ada beberapa permainan berlandaskan keterampilan proses sains yang dapat diterapkan pada pengenalan sains anak diantaranya permainan detektif menuntuk kegiatan penyelidikan secara teliti menggunakan seluruh alat indera. Permainan ilmuan menjadikan anak sebagai seorang ilmuan yang sedang melakukan percobaan-percobaan untuk mengungkap fenomena alam dan menemukan suatu pengetahuan yang baru. Proses pembelajaran akan berlangsung lebih menarik, menyenangkan, interaktif sehingga anak akan telibat secara total dan antusias.

Author Biography

  • Putri Rahmi, -, Dosen Program Studi PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry
    Dosen Program Studi PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry

References

Diana Mutiah. Psikilogi Bermain Anak Usia Dini, (Jakarta:Kencana Prenada Media

Group, 2010). h.54

Laily Nur Aisiyah. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dasar dengan Pendekatan

Open-Inquiry. Vol.6, No:1 h.14

Luluk Asmawati, Perencanaan Pembelajaran PAUD, 2014. h 62-63 dan h:79-80

Made Ayu Anggreni, Metode Bermain Untuk Mengembangkan Kcerdasan Anak Usia

Dini. Jurnal. No: 18, April 2014.

Mirawati dan Rini Nugraha, Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui

Aktivitas Berkebun. Jurnal Pendidikan. Vol: 1. No:1, 2017.

Sari, Y, Peningkatan Kemampuan Sains Anak Usia Dini melalui Metode Demostrasi

di Taman Kanak-kanak Tri Bina Payakumbuh, Jurnal Pesona Paud. Vol:01

No:1, 2012. h.5.

Yuliani Nuraini Sujiono, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta: PT

Indeks, 2009). h.122

Downloads

Published

2020-02-13

Issue

Section

Articles