PENGENALAN SAINS ANAK MELALUI PERMAINAN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR

Putri Rahmi, -

Abstract


Artikel ini membahas tentang permainan berbasis keterampilan proses sains dasar dalam memperkenalkan sains pada anak. Adapaun yang menjadi komponen utama pada keterampilan proses sains dasar adalah mengamati, membandingkan, mengklasifikasi, megukur dan mengkomunikasikan. Serangkain kegiatan tersebut dipadukan dalam permainan penyelidikan tentang objek dan fenomena alam. Ada beberapa permainan berlandaskan keterampilan proses sains yang dapat diterapkan pada pengenalan sains anak diantaranya permainan detektif menuntuk kegiatan penyelidikan secara teliti menggunakan seluruh alat indera. Permainan ilmuan menjadikan anak sebagai seorang ilmuan yang sedang melakukan percobaan-percobaan untuk mengungkap fenomena alam dan menemukan suatu pengetahuan yang baru. Proses pembelajaran akan berlangsung lebih menarik, menyenangkan, interaktif sehingga anak akan telibat secara total dan antusias.

Keywords


Pengenalan Sains; Permainan; Keterampilan Proses Sains Dasar

Full Text:

PDF

References


Diana Mutiah. Psikilogi Bermain Anak Usia Dini, (Jakarta:Kencana Prenada Media

Group, 2010). h.54

Laily Nur Aisiyah. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dasar dengan Pendekatan

Open-Inquiry. Vol.6, No:1 h.14

Luluk Asmawati, Perencanaan Pembelajaran PAUD, 2014. h 62-63 dan h:79-80

Made Ayu Anggreni, Metode Bermain Untuk Mengembangkan Kcerdasan Anak Usia

Dini. Jurnal. No: 18, April 2014.

Mirawati dan Rini Nugraha, Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui

Aktivitas Berkebun. Jurnal Pendidikan. Vol: 1. No:1, 2017.

Sari, Y, Peningkatan Kemampuan Sains Anak Usia Dini melalui Metode Demostrasi

di Taman Kanak-kanak Tri Bina Payakumbuh, Jurnal Pesona Paud. Vol:01

No:1, 2012. h.5.

Yuliani Nuraini Sujiono, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta: PT

Indeks, 2009). h.122




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v5i2.6389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.