PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM PENGENALAN HADITS DI TK RAUDHATUL IBNI MEUREUBO ACEH BARAT

Muthmainnah, Yuni Desti

Abstract


Hadits merupakan salah satu pedoman hidup yang harus diperkenalkan sejak dini. Metode bercerita merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan dalam pengenalan hadits pada Anak Usia Dini, sehingga anak akan mudah untuk mengingat, menghafal, dan menerapkan hadits dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran pengenalan hadits di TK Raudhatul Ibni Meureubo Aceh Barat menunjukkan bahwa metode yang diterapkan hanya melalui ucapan dan buku bacaan sehingga membuat anak tidak mudah mengingat, menghafal, dan menerapkan apa yang telah diperkenalkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam penerapan metode bercerita dalam memperkenalkan hadits dan bagaimana penerapan metode bercerita dapat meningkatkan pengenalan hadits pada anak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat kolaboratif. Data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah anak kelompok B (20 siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memperoleh nilai 2,77 dengan kriteria Baik dan pengenalan hadits pada anak mencapai 44,16% dengan kriteria Mulai Berkembang (MB) pada Siklus I. sedangkan pada Siklus II, guru memperoleh nilai 3,66 dengan kriteria Sangat Baik dan pengenalan hadits pada anak mencapai 88,18% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita dalam pengenalan hadits dapat meningkatkan upaya guru dan pengenalan hadits pada anak.

Keywords


Metode Bercerita; Pengenalan Hadits

Full Text:

PDF

References


Achmad Sunarto dan Syamsuddin Noor. Himpunan Hadits Qudsi. Jakarta Timur: Annur Press.

Anas Sudijono. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Conny R. Semiawan. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.

Johni Dimyanti. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

M. Fadillah. Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mansyur M, “Pengembangan Nilai Moral Anak Melalui Metode Bercerita pada Kelompok B di TK Pembina Kota Kendari”. Jurnal Gema Pendidikan. Vol. 26, No. 1, Januari 2019. SN: 0854-9044.

Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musfiroh, Dkk. 2000. Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Rosma Wati, “Upaya Meningkatkan Perhatian Anak Melalui Metode Bercerita dengan Media Boneka Tangan pada Anak Kelompok B TK Nurul Ibadah Kota Jambi”. Jurnal Ilmiah Dikdayah, ISSN 2580-7463.

Volume VI. Nomor 2. Juli-Desember 2019│19

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Suharsimi Arikunto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Taranindya Zulhi Amalia dan Zaimatus Sa’diyah, “Bercerita Sebagai Metode Mengajar Bagi Guru Raudhatul Athfal dalam Mengembangkan Kemampuan Dasar Bahasa Anak Usia Dini di Desa Ngembalrejo Bae, Kudus”. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. Vol.3. No. 2. Juli-Desember 2015.

Wina Senjaya. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Refbacks


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  ©Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak. Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.