MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL DAN EMOSINAL ANAK USIA DINI

Putri Rahmi

Abstract


Kata emosi seringkali diartikan dengan marah, sehingga anak yang sering marah pun disebut anak yang emosional. Penggunaan kata emosi yang menunjukkan sifat anak yang pemarah tersebut menjadi semakin tampak keliru jika dibandingkan dengan penggunaan istilah kecerdasan emosional yang ditunjukkan merupakan kepandaian seseorang dalam mengelola perasaannya sehingga dapat menciptakan perilaku perilaku positif. Pada artikel ini membahas tentang segala perkembangan kecerdasan social dan emosianal yang terjadi pada anak usia dini tidak berlangsung dengan sendirinya melainkan semua perlu orang dewasa disekeliling seperti guru, dan orang tua. Oleh karena itu diperlukan berbagai metode yang bisa diterapkan dalam mengembangkan sosial emosi anak usia dini. Seperti menggunakan metode bermain karena dengan metode bermain anak mudah dan melaksanakan dan tanpa adanya suatu keterpaksaan. Juga dapat dilakukan melalui metode pembiasaan seperti metode pembiasaan rutin, pembiasaan sponta, pembiasaan keteladanan dan pengondisian. Perkembangan sosial dan emosi pada suatu individu dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal, faktor eksternal, dan faktor umum.

Keywords


Kecerdasan; Sosial Emosional; Anak

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan Dkk. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Ashary, Yuniartanti, Dkk. Pengendalian Perilaku Emosional Anak TK Melalui Komunikasi Antara Guru Dengan Orang Tua Di Biring Kanaya Kota Makassar. Jurnal Komunika Kareba. Uni Hasanuddin. Fall Vol: 4, No: 4 Oktober- Des 2005.

Desma Reza, Rini. Peningkatan Pengembangan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Montasedi RA Darul Ulum PGAI Padang. Jurnal Pesona PAUD, Vol.1 No.1 Oktober 2012.

Fitri, Agus Zaenul. ( 2012). Reinventing Human Character. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Hapsari, Widyaning Dan Itsna Iftayani. Model Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Program Islamic Habituation, Jurnal Indigenous. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Vol.1 No.2 .2016

Kusumastuti, Eny. Perubahan Perilaku Perubahan Perilaku Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Seni Tari, Jurnal Sendratasik, Universitas Negeri Semarang, Vol.2 No.1 2016

Latifa, Umi. Aspek Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar: Masalah Dan Perkembangannya. Jurnal Of Multidisiplinary Studies. IAIN Surakarta. Vol. 1, No.2 Juli- Desember 2017.

Martani, Wisnu. Metode Stimulasi Dan Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Universitas Gajah Mada. Vol. 39.No. 1 Juni 2012.

Miyan, Novan Ardi. (2014). Mengelola Dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial Dan Emosi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurjanah. Mengembangkan Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam. Vol.14. No.1. Juni 2017

Nurmalitasari, Femmi. Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Buletin Psikologi Universitas Gadjah Mada. Vil.23. No.2 Desember 2015.

Rahman, Ulfiani. Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Lentera Pendidikan. Vol. 12. No. 1 Juni 2009.

Sari, Duanti Yunia. Penanaman Pendidikan Karakter Pada Anak Melalui Pengembangan Kecerdasan Emosional, Jurnal Ilmiah Cisoc, Universitas Islam Nusantara, Vol.II. No.2, 2016.

Volume VI. Nomor 2. Juli-Desember 2019│

Siregar, Alfitriani. (2018). Metode Pengajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Medan: Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah.

Suryana, Dadan. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.

Susanto, Ahmad. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta : Prenadamedia Group.

Widiastuti, D.D (2004). Pengaduan Perkembangan Anak 0-1 Tahun. Jakarta: Niaga Swadaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  ©Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak. Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.