PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MEMBENTUK ANAK USIA DINI SENANG MEMBACA

Atik Latifah Atik Latifah

Abstract


Perkembangan pada anak usia dini meliputi enam aspek perkembangan salah satunya adalah aspek bahasa, yang mana bahasa akan mengantarkan anak untuk lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain. Cara yang baik untuk mengajarkan aspek perkembangan bahsa pada anak adalah dengan mengajarinya membaca, namun pada awalnya anak di perkenalkan dulu macam-macam huruf kemudian mengajarinya cara membaca hingga mereka mampu untuk Menyusun kalimat yang kompleks. dalam pemberian pembelajaran membaca pada anak usia dini yakni dengan memberikan alat permainan edukatif (APE), pada penelitian ini digunakan permainan edukatif yang berbentuk big book, big book sendiri merupakan buku besar yang diisi dengan cerita dan warna yang menarik bagi anak. Yang mana tujuan dari pemberian big book ini adalah untuk merangsang minat membaca pada anak usia dini, pemberian ini dicontohkan terlebih dahulu oleh guru setelah itu diberikan pada anak dan anak juga diberikan kepercayaan untuk membaca yang kemudian nantinya anak akan menceritakan kembali isi cerita dari big book. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan big book memberikan dampak yang positif bagi anak yakni anak mulai tertarik untuk berperan aktif dalam kegiatan membaca.

Keywords


Media Big Book; Membaca; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


. Luh Evi Juli Artini, . Mutiara Magta, S.Pd., M.Pd., and . Putu Rahayu Ujianti, S.Psi., M.Psi., Psi, ‘Pengaruh Metode Membaca Dasar Bermediakan Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A*’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7.2 (2019), 195

Astari, Ni Luh Putu Mila, Ketut Pudjawan, and Putu Aditya Antara, ‘UNTUK MENINGKATAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Abstrak E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha’, 4.2 (2016)

Hadiana, Latifah Hilda, Sugara Mochamad Hadad, Ina Marlina, and Stkip Subang, ‘Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana’, IV (2018), 212–42

KHUDRIYAH LAILY, EVI, and GANES GUNANSYAH, ‘Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sdn Rangkah 1 Surabaya’, Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6.10 (2018)

Kiromi, Ivonne Hafidlatil, and Puji Yanti Fauziah, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3.1 (2016), 48

Mawadah, Ade Husnul, ‘Pemanfaatan Big Book Sebagai Media Literasi Anak Usia Dini’, Aṣ-Ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3.1 (2018), 57–72

Nur Fitriani, Tika, ‘Pengaruh Penggunaan Media Buku Besar (Big Book) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Di Tk Qoshrul Ubudiyah Surabaya’, PAUD Teratai, 2.2 (2013), 1–5

Purnamasari, Yayu Mega, and Wuri Wuryandani, ‘Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat Untuk Meningkatkan Karakter Toleransi Pada Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4.1 (2019), 90

Rosmaya, E., ‘Menumbuhkan Minat Baca Anak Mengunakan Media Big

Volume VI. Nomor 2. Juli-Desember 2019│155

Book Untuk Menciptakan Budaya Literasi Di SD 1 Balagedog Kecamatan Sindang Wangi Kabupaten Majalengka’, 1 (2018), 1

Setiyaningsih, Gunanti, and Amir Syamsudin, ‘Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun’, Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9.1 (2019), 19–28

Tatik, Ariyati, ‘Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Penggunaan Media Gambar Berbasis Permainan’, 2013

Ulfa, azra aulia, and Elva Rahmah, ‘Pembuatan Dan Pemanfaatan Busy Book Dalam Mempercepat Kemampuan Membaca Untuk Anak Usia Dini Di PAUD Budi Luhur Padang Azra’, Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 6.September (2017), 28–37


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  ©Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak. Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.