APLIKASI KEGIATAN MAIN FINGER PAINTING DALAM PENINGKATAN KREATIVITAS MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI

Dewi Fitriani, Aisyah, Novi Arvionita

Abstract


Penggunaan media dan strategi pembelajaran yang bervariasi merupakan hal pokok dalam pendidikan khususnya dalam pengembangan kreativitas motorik halus yang berhubungan langsung dengan kemampuan menulis anak usia dini. Salah satu media dan strategi pilihannya adalah melalui kegiatan finger painting.  Penelitian ini bertujuan melihat aktivitas apa pada guru yang dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran terutama pada kegiatan main finger painting. Penelitian ini juga melihat apakah terjadi peningkatan pada nilai kreativitas anak di aspek perkembangan motorik halus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. Data dikumpulkan melalui check list observasi guru dan kreativitas anak dan dianalisis secara narrative deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya panduan check-list sebanyak 26 kegiatan aktivitas guru, terjadi peningkatan yang lebih baik pada hasil kinerja guru didalam kelas. Hasil penelitian aktivitas guru menunjukkan peningkatan persentase pada kegiatan yang dilakukan oleh guru di siklus 1 dari 76, 91% menjadi 92,29% di siklus II. Kemudian, kemampuan kreativitas motoric halus anak usia 5-6 tahun dalam kegiatan finger painting dengan menggunakan jari-jari tangan juga dinilai berhasil. Nilai kreativitas ini meningkat dari siklus I sebesar 53,9% menjadi 84,7% pada siklus II. Hal ini terjadi dengan adanya pemberian variasi jenis gambar dan warna sesuai dengan keinginan anak serta intensitas penggunaan jari jemari anak pada saat bermain finger painting. 


Keywords


Motorik Halus; Finger Painting; kreativitas

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ahmad Susanto. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Bambang Sujiono. (2009). Metode Pengembangan Fisika. akarta: Universitas Terbuka.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Elizabeth B.Hurlock. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Mukhtar Latif. (2013). dkk. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Suharsimi Arikunto. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tatang M.Amirin. (2009). Prinsip Pengolahan Data. Jakarta: LP3ES, 1980, h.134), dikutip dari Safrina “Kerjasama orang tua dan guru dalam pendidikan Agama siswa sekolah dasar negeri aneuk glee kecamatan indrapuri”. Skripsi PAI-UIN Arraniry.

Wina Sanjaya. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yeni Rachmawati dan Euis Kurniati. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  ©Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak. Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.