MANAJEMEN SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Mardi Fitri, Aninditya Sri Nugraheni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran untuk anak usia dini di daerah terpencil pada masa pandemi Covid-19. Pola kerjasama guru dan orang tua dalam mengelola strategi pembelajaran di rumah, Kendala yang dihadapi selama proses belajar dan bermain di rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua model strategi pembelajaran yang digunakan, yaitu: (1) Model belajar dari rumah dengan didampingi oleh orang tua, dan (2) Model pembelajaran tatap muka disekolah. Kendala yang dihadapi di antaranya, kurangnya pemahaman tentang penggunaan teknologi, orang tua memiliki kesibukan dalam bekerja, kurangnya referensi pemilihan permainan.

Keywords


Strategi; Pembelajaran; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Ahsani, Eva Luthfi Fakhru. “Strategi Orang Tua Dalam Mengajar Dan Mendidik Anak Dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Al_Athfal 3, no. 1 (2020): 37–46.

Akbar, Zarina. “Program Peningkatan Keterlibatan Orangtua Melalui Kegiatan Seni Pada Anak Usia Dini.” Sarwahita 14, no. 01 (2017): 53–60. https://doi.org/10.21009/sarwahita.141.07.

Anita Rakhman, Syah Khalif Alam. “Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Meningkatkan Life Skill Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Tunas Siliwangi 6, no. 2 (2020): 9–17.

Aris Setiawan. “Strategi Pembelajaran Tari Anak Usia Dini.” Jurnal Pedagogi 1, no. 1 (2014). http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf.

Asih Nur Ismiatun. “Studi Komparatif Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Dan Di Kota.” Jurnal Tunas Siliwangi 6, no. 2 (2020): 8–12.

Banggur, Maria Dissriany Vista, Robinson Situmorang, and Rusmono Rusmono. “Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia.” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan 20, no. 2 (2018): 152–65. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i2.8629.

Bao W. “COVID-19 and Online Teaching in Higher Education: A Case Study of Peking University.” Pedagogical Research 5, no. 4 (2020): 113–15. https://doi.org/https://doi.org/10/1002/he2.191.

CNN Indonesia. Studi Pertanyakan Efektivitas Penutupan Sekolah Cegah Corona. Indonesia, issued 2020. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200408103445-284-491518/studi-pertanyakan-efektivitas-penutupan-sekolah-cegah-corona.

Ema Aprianti, Heni Nafiqoh, Euis Eti Rohaeti. “Metode Pembelajaran Bermain Kartu Kata Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Di Tk Tridaya Cimahi.” Jurnal Tunas Siliwangi 5, no. 2 (2019): 84–92.

Fitroturrohmah, Melida, Purwadi, and Mira Azizah. “Hubungan Peran Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Sdn Kedung 01 Jepara.” Journal of Primary and

Children’s Education 2 2, no. 2 (2019).

Haerudin, Adinda Cahyani, Nur Sitihanifah, Rizky Nurul Setiani, Siti Nurhayati, Veronika Oktaviani, and Yuliani Indriani Sitorus. “Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19.” Universitas Singaperbangsa Karawang (Research Gate), no. May (2020): 1–12. https://www.researchgate.net/publication/341708783_Peran_Orang_Tua_Dalam_Membimbing_Anak_Selama_Pembelajaran_Di_Rumah_Sebagai_Upaya_Memutus_Covid-19/link/5ecfc59f92851c9c5e65afd4/download.

Hollingworth, S., A. Mansaray, K. Allen, and A. Rose. “Parents’ Perspectives on Technology and Children’s Learning in the Home: Social Class and the Role of the Habitus.” Journal of Computer Assisted Learning 27, no. 4 (2011): 347–60. https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.2011.00431.x.

Ingram, Melissa, Randi B Wolfe, and Joyce M Lieberman. “The Role of Parents in At-Risk Populations.” ERIC, no. 2002 (2007): 1–19. https://eric.ed.gov/?id=EJ769066.

KBRI Hanoi. Langkah dan Upaya Pemerintah Indonesia Dalam Menangani dan Menghadapi COVID-19. Indonesia, issued 2020. https://kemlu.go.id/hanoi/id/news/5105/langkah-danupaya-pemerintah-indonesia-dalam-menangani-dan-menghadapi-covid-19.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan Penjelasannya (2003).

Khadijah, Media Gusman. “Pola Kerja Sama Guru Dan Orangtua Mengelola Bermain Aud Selama Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Kumara Cendekia 8, no. 2 (2020).

Lenny Nuraeni, Sharina. “Efektivitas Pembelajaran Dengan Pendekatan Reggio Emilia Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Konteks Merdeka Belajar Di Taman Kanak-Kanak Kota Cimahi Pada Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Tunas Siliwangi 6, no. 2 (2020): 51–62.

Martsiswati, Ernie, and Yoyon Suryono. “Peran Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat 1, no. 2 (2014): 187. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2688.

Menheere, Adri, and Edith Hooge. “Parental Involvement in Children’s Education : A Reviewstudy about the Effect of Parental Involvement on Children’s School Education with a Focus on the Position of Illiterate Parents.” Journal of the European Teacher Education Network JETEN 6 (2010): 144–57.

Miftahul Husni Nasution. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah.” JIP:

Jurnal Ilmiah PGMI 3, no. 1 (2017): 15–32. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip.

Nirmala, Besse, and Haerul Annuar. “Home Visit : Strategi PAUD Dari Rumah Bagi Guru Di Daerah 3T Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2021): 1052–62. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.716.

Nurkolis, Nurkolis, and Muhdi Muhdi. “Keefektivan Kebijakan E-Learning Berbasis Sosial Media Pada PAUD Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 212. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535.

Permendikbud. Surat Edaran Permendikbud: Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran corona virus disease Covid-19 (2020).

Purwanti, F. “Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Balok Angka Pada Anak Kelompok B Di TK Universal Ananda Kecamatan Patebon Kendal.” Jurnal Pendidikan. Universitas Negeri Semarang, 2013.

Rakyat.Com, Pikiran. Tanggungjawab Bersama, Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid19. Indonesia, issued 2020. https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-01390686/tanggungjawab-bersama-memutus-mata-rantai-penyebaran-covid-19.

Santika, I Wayan Eka. “Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring.” Indonesian Values and Character Education Journal 3, no. 1 (2020): 8–19.

Satrianingrum, Arifah Prima, and Iis Prasetyo. “Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di PAUD.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574.

Suhendro, Eko. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Golden Age 5, no. 3 (2020): 133–40. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/3394/1884.

Sumitra, Agus, Chandra Asri Windarsih, Dewi Safitri Elshap, and Dedah Jumiatin. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari.” Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung 6, no. 1 (2020): 1–5.

Taufik, Ali. “Perspektif Tentang Perkembangan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.” Jurnal Pendidikan & Konseptual 3, no. 2 (2019): 88–98. https://doi.org/DOI:http://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.111.

Tince Dormalin Koroh, Martin Chrisani Liufeto, Yandri Yusuf Cornelis Hendrik. “Profesionalitas Mengajar Di Daerah Terpencil.” E-Prosiding (Hapemas) 1, no. 1 (2020).

Verawardina, Unung, and Jalius Jama. “Philosophy Tvet Di Era Derupsi Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia.” Jurnal Filsafat Indonesia 1, no. 3 (2018): 104.

https://doi.org/10.23887/jfi.v1i3.17156.

Yulianingsih, Wiwin, Suhanadji Suhanadji, Rivo Nugroho, and Mustakim Mustakim. “Keterlibatan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020): 1138–50. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mardi Fitri, Aninditya Sri Nugraheni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.