PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI PAUD TEUNGKU CHIK LAMKUTA ACEH BESAR

Heliati Fajriah, Dewi Fitriani, Fitriana

Abstract


Kecerdasan interpersonal merupakan salah satu kecerdasan yang ada dalam diri anak yang harus ditingkatkan sehingga anak dapat bekembang dengan optimal. Permasalahan yang terjadi di PAUD Teungku Chik Lamkuta ditemukan hal-hal yang berkaitan dengan kecerdasan interpersonal anak belum optimal, seperti anak berkerjasama, menjalin komunikasi dan mengorganisasi teman serta metode yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga kecerdasan interpersonal anak belum meningkat. Tujuan penelitian untuk mengetahui aktivitas guru dan peningkatan kecerdasan interpersonal anak dengan menerapkan metode proyek pada anak kelompok B di PAUD Teungku Chik Lamkuta. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 14 orang anak. Metode penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan teknik pengumpulan data berupa lembar observasi dan dokumentasi. Hasil observasi aktivitas guru siklus I mendapatkan nilai rata-rata 2,77 dengan kategori Baik dan siklus II mendapatkan nilai rata-rata maksimal 4 dengan kategori BSB. Hasil observasi siklus I peningkatan kecerdasan anak mencapai 64%, dan siklus II mendapatkan hasil peningkatan kecerdasan interpersonal anak mencapai 91% dengan kategori BSB. Peningkatan kecerdasan interpersonal anak tidak terlepas dari aktivitas guru dalam pembelajaran yang menyediakan berbagai kegiatan proyek yang bervariasi, guru mengajak dan memotivasi anak untuk berkerjasama, menjalin kontak dan mengorganisasi teman. Dengan demikian hasil observasi menunjukkan dengan penerapan metode proyek dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak.

Keywords


Metode Proyek; Kecerdasan Interpersonal.

Full Text:

PDF

References


Ade Dwi Utami, Peningkatan Kecerdaan Intrapersonal dan Kecerdasan Interpersonal Melalui Pembelajaran Projet Approach, Vol. 7 No. 2, Desember 2012. Diakses pada tanggal 11 Maret 2018 dasi situs: http://www.journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/366&hl=idID.

Adi W Gunawan. (2006). Genius Learning Strategi, Jakarta: Gramedia Pustaka.

Ali Nugraha, dkk. (2008) Metode Pengembangan Sosial Emosional, Jakarta: Universitas Terbuka.

Anas Sudijono. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Cony Semiawan, dkk. (1992). Pendekatan Ketrampilan Proses, Jakarta: Gramedia.

Diah Harianti. (1994). Program Kegiatan Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-Kanak.

Dyan Widya Prabaningrum. (2013). Kecerdasan Multipel di Dalam Kelas, Jakarta Barat:Indeks.

Euis Cici Nurunnisa, Melek Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini, Vol. 2 No. 2 Oktober 2017, Tunas Siliwangi.

Goleman Danil. (2007). Social Intellegence (Terjemahan Hariono S. Iman), Jakarta:Gramedia Ustaka Utama.

Hardini Isriani dan Dewi Puspitasari. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu, Yogyakarta: Familia.

Indra Djati Sidi. (2006). Pedoman Pembelajaran Di TK, Jakarta: Direktorat Jenderal Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ishjoni. (2010). Model Pembelajaran Anak Usia Dini, Bandung: Alfabeta.

Masitoh, dkk. (2007). Strategi Pembelajaran di TK, Jakarta:Universitas Terbuka.

Meaty H. Idris. (2014). Meningkatkan Kecerdasan Anak Melalui Dongeng, Jakarta Timur: Luxima Metro Media.

Moslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak Kanak, Jakarta: Rineka Cipta.

Muhammad Asrori.(2000). Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Wacana Prima.

Muhammad Fadlillah.(2012). Desain Pembelajaran Paud: Tinjauan Teori & Praktik, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Muhammad Yusri Bachtiar, Pengaruh Bermain Peran Terhadap Keerdasan Interpersonal Ada Anak Kelas A di TK Buah Hati Kota Makassar , Vol 3

No. 2 September 2017. Diakses pada tanggal 11 Maret 2018 dari situs: http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady.

Muhammad Yaumi dan Nurdin Ibrahim. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences): Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak, Jakarta: Kencana.

Mulyadi. (201). Merancang Masa Depan Si Buah Hati, Bandung: How Press.

Mulyasa. (2012). Menejemen PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2014). Menejemen PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musnur Muslich. (2009). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah, Jakarta: Bumi Aksara.

Ocih Setiasih, Pendekatan Proyek Untuk Anak Usia Dini, DP. Jilid 12, Bil 2




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Heliati Fajriah, Dewi Fitriani, Fitriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.