PROSES BELAJAR ANAK USIA 0 SAMPAI 12 TAHUN BERDASARKAN KARAKTERISTIK PERKEMBANGANNYA

Putri Rahmi, Hijriati

Abstract


Anak merupakan individu yang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan, keduanya terjadi secara bertahap. Pembagian kelompok usia anak menjadi : 0 sampai 6 tahun masa anak usia dini, 7 sampai tahun 12 masa sekolah dasar. Pembelajaran pada anak usia dini befokus pada memerankan perasaan dan nurani, belajar sambil bermain, belajar melaui komunikasi dan interaksi sosial, belajar melaui lingkungan serta belajar memunuhi hasrat dan kebutuhannya. Sedangkan pada usia sekolah dasar anak mulai berfikir secara logis dan konkret namun mereka belum mampu berfikir secara abstrak dikarenaka penalarannya masi terbatas. Mereka hanya mampu menyelesaikan persoalan yang menyakut dengan objek kongkret yang dapat dirasakan oleh panca indera.

Keywords


Proses Belajar; Anak dan Karakteristik Perkembangan.

Full Text:

PDF

References


Khaulani, fatma. Dkk. Fase dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah “pendidikan dasar”. Vol. VII. No. 1 2020

Trianingsih, Rima. 2016 pengantar Prektik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Al-Ibtida. Vol.3. No.2

Witasari, Rinesti. “Analisis Perkembangan Kognitif Tercapai Pada Usia Dasar” Jurnal Magistra. Vol: 09 No:1 Juni 2018.

Desmita, 2009. Psikologi perkembangan Peserta Didik, Bandung: Rosdakarya.

Bujuri, Dian Andesta, Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia dasar dan Implikasinya dalam

Kegiatan Belajar mengajar. Jurnal Literasi. Vol. IX, No.01, 2018.

Mulyasa, H.E. Manajemen PAUD. Bandung.

Ariesandi, Rahasia Mendidik SiswaSupaya Sukses dan Bahagia.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Putri Rahmi, Hijriati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

                                  Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:


                 Support By:                                       Collaborated With:                   

   

               Visitors:

Flag Counter