References
Ade Nurcahya, Hady Siti Hadijah. “Pemberian Penguatan (Reinforcement) Dan Kreatifitas Mengajar Guru Sebagai Determinan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 5 (1) (2020): 83–96. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008.
Ahmad Syawaludin, Sri Marmoah. “Reward And Punishment In The Perspective Of Behaviorism Learning Theory And Its Implementation In Elementary School.” SHEs: Conference Series 1 (1) (2018): 18–23. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23614.
Arfandi Arfandi, Mohamad Aso Samsudin. “Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator Dan Komunikator Dalam Kegiatan Belajar Mengajar.” Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam 5 (2) (2021): 124–32. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i2.1200.
Asep A. Aziz, Ajat S. Hidayatullah, Nurti Budiyanti, Uus Ruswandi. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar.” Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 18 (2) (2020): 131–45. https://doi.org/10.17509/tk.v18i2.32806.
Baharuddin, Esa Nur Wahyuni. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
Dhori, Muhammad. “Analisis Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Belajar Mengajar Di SD Negeri 7 Kayuagung.” Heutagogia : Journal Islamic Of Education 1 (1) (2021): 95–107. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-09.
Dimyati dan Mudjiono. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
Faizah, Silviana Nur. “Hakikat Belajar Dan Pembelajaran.” At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1 (2) (2017): 175–85. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85.
Finna Baity Janah, Muqowim, Hasbiyallah. “Evaluasi Pembelajaran BTHQ Kibar Di Masa Pendemi Covid-19 Di SMP Mugadeta Muhammadiyah 3 Depok.” Islamika: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan 4 (3) (2022): 333–43. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i3.1896.
Firmansyah, Mokh. Iman. “Pendidikan Agama Islam : Pengertian, Tujuan, Dasar, Dan Fungsi.” TAKLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam 17 (2) (2019): 79–90. https://doi.org/10.17509/tk.v17i2.43562.
Gantina Komalasari, Eka Wahyuni, Karsih. Teori Dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks, 2011.
Hamruni, Irza A. Syaddad, Zakiah, Dewi Isnawati Intan Putri. Teori Belajar Behaviorisme Dalam Perspektif Pemikiran Tokoh-Tokohnya. Yogyakarta: Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2021.
Haniyah Kamilah Az-zahra, Maulfi Syaiful Rizal. “MPLEMENTASI TEORI BELAJAR BEHAVIORISME B.F. SKINNER DALAM PEMBELAJARAN MERANCANG NOVEL PADA SISWA KELAS XII IPS.” SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 12 (1) (2024): 104–17. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v12i1.3554.
Haniyah Kamilah Az-Zahra, Maulfi Syaiful Rizal. “Implementasi Teori Belajar Behaviorisme B.F. Skinner Dalam Pembelajaran Merancang Novel Pada Siswa Kelas XII IPS.” SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 12 (1) (2024): 104–17. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v12i1.3554.
Heny Sumiyati, Dkk. Diskursus Manajemen Pendidikan Islam. Kudus: Duta Dinamika, 2022.
Herpratiwi. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi, 2016.
Junaedi, Mahfud. Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2017.
Kiki Melita Andriani, Maemonah, Rz. Ricky Satria Wiranata. “Enerapan Teori Belajar Behavioristik B. F. Skinner Dalam Pembelajaran : Studi Analisis Terhadap Artikel Jurnal Terindeks Sinta Tahun 2014 –2020.” SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam 5 (1) (2022): 78–91. https://doi.org/10.54396/saliha.v5i1.263.
Maemonah. Psikologi Belajar: Pengantar Kajian. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017.
Mappasiara. “Pendidikan Islam (Pengertian, Ruang Lingkup Dan Epistemologinya).” JIP: Jurnal Inspiratif Pendidikan 7 (1) (2018): 147–60. https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4940.
Muhammad Fadhil Alghi Fari Majid, Suyadi. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran PAI.” KONSELING: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling 1 (3) (2020): 95–103. https://doi.org/10.19109/pairf.v2i2.4443.
———. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran PAI Di SDN Nogopuro Yogyakarta.” Jurnal PAI Raden Fatah 2 (2) (2020): 148–55. https://doi.org/10.19109/pairf.v2i2.4443.
Murniyati, Suyadi. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik Skinner Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 11 (2) (2021): 177–92. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v11i2.895.
Nahar, Novi Irwan. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran.” NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 1 (1) (2016): 64–74.
Nurcahaya, Ade, and Hady Siti Hadijah. “Pemberian Penguatan (Reinforcement) Dan Kreatifitas Mengajar Guru Sebagai Determinan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 5 (1) (2020): 83–96. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008.
R1. “Wawancara Guru PAI Tentang Penerapan Teori Behaviorisme B.F Skinner Di SMA Muhammadiyah Kalasan Yogyakarta,” 2024.
Setyo Pambudi, Nur Hoiriyah. “Penerapan Teori Operant Conditioning B.F. Skinner Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah.” Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam 1(2) (2020): 150–65. https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3922.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2017.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.
Susanti, Rini Dwi. “Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Akademik Siswa Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling 2 (2) (2018): 139–54. https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4470.
Wiyani, Muahamad Irham dan Novan Ardy. Psikologi Pendidikan Teori Dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: AR Ruzz Media, 2013.
Zaenal Arifin, and Humaedah. “Application of Theory Operant Conditioning BF Skinner’s in PAI Learning (Penerapan Teori Operant Conditioning B.F Skinner Dalam Pembelajaran PAI.” Journal of Contemporary Islamic Education 1 (2) (2021): 101–10. https://doi.org/10.25217/cie.v1i2.1602.