PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA MI
Abstract
Keywords
References
Akdon, (2007). aplikasi statistika dan metode penelitian untuk administrasi dan manajemen, Bandung: Dewa Ruchi
Akinoglu.O dan tandogen.R.O, (2007). The effects of problem – based active learning in science education on students Academic Achievment, Attitude and Consept Learning, Eurasia journal of mathematics, science & Technology Education. 3, (1), 71 – 81
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar. Jakarta: BSNP.
Dahar, Ratna W. (1989). Teori – teori belajar. Jakarta, Erlangga
Iskandar, S.M. (1997). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Liu, Min (2005). Motivating Students Through Problem – based Learning. Austin: Dept. of curriculum & instruction: University of texas
Meltzer, D.E (2002). The Relationship between mathematic Preparation and conceptual learning gain in physics: ‘hidden variable’ in diagnostic pretest scores’. American Journal Of physics, 70, (12), 1259-1267.
Sagala, syaiful. (2007). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: alfabeta
Sari, Y.D (2005) “Penerapan pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA Lab UM Melalui Program Piloting IMSTEP-JICA-FPMIBA-FMIPA UM “. Crosiding seminar nasional: MIPA dan pemebelajarannya & Exchange Experience of IMSTEP 5-6 September. Malang: JICA-IMSTEP FPMIPA UM
Schafersman, steven D. (1991). An introduction To Critical Thinking. tersedia : http://www.freeinquiry.com/critical-thingking.html [5 desember 2009]
Sismanto. 2007. Menakar integrasi IPA dalam kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).[Online]. Tersedia di: http://mkpd.wrdpress.com. [7 oketober 2009]
Suci,N.M (2008). “penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mengingatkan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar Teori Akuntansi Mahasiswa Jurusan ekonomi UNDIKSHA”. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Undiksha. 2, (1), 74 – 86
Sudjana, N (2008), dasar – dasar proses belajar mengajar, Bandung: sinar baru Algesindo
Suprapto, (2008), berfikir kritis.[online].Tersedia: http://www.blackwellsynergy.com/toc /med/ 40/6 [4 januari 2009]
Wartono. (2003). Strategi belajar mengajar fisika. Bandung: JICA UNM
Widodo,A. (2007). “peranan lesson study dalam peningkatan Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru”. Jurnal varia Pendidikan. 19, (1) 15 – 28
Widodo, A. (2008). Taksonomi dan Pengembangan Butir Soal. Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA_UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v3i1.10409
Refbacks
- There are currently no refbacks.