GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KINERJA GURU PADA SD NEGERI SIEM KECAMATAN DARUSSALAM ACEH BESAR

Nurussalami Nurussalami

Abstract


Kinerja guru dapat  dipergaruhi oleh beberapa oleh beberapa faktor diantaranya seperti gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru. Usaha meningkatkan kinerja guru, kepala sekolah sebagai pemimpin memiliki tugas dan tanggung jawab dan juga berperan dalam memberikan motivasi kepada guru serta memperlihatkan keteladanan dalam memimpin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dan kinerja kepala sekolah: (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Negeri  Siem kecamatan Darussalam Aceh Besar (2) motivasi kerjaterhadap kinerja guru SD Negeri Siem Kecamatan Darussalam; (3) gaya kepemimpinan kepala sekolahdan motivasi kerja terhadap kinerja guru SD Negeri Siem Kecamatan Darussalam Aceh Besar. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru menunjukkan tingkat yang kuat sehingga dapat meningkatkan kinerja guru. (2) motivasi kinerja guru dalam diri guru maupun yang diberikan oleh kepala sekolah menunjukkan tingkat yang cukup bagi kinerja guru. (3) gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama berhubungan positif dan signifikan terhadp kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah sangat baik terhadap kinerja guru (2) motivasi terhadap kinerja guru (3) gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah sangat baik terhadap kinerja guru, kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah selama ini menunjukkan tingkat yang kuat sehingga meningkatkan kinerja guru (2) motivasi terhadap kinerja guru ada dalam diri guru maupun yang diberikan oleh kepala sekolah menunjukkan tingkat yang cukup bagi kinerja guru (3) gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam memotivasi kerja guru.


Keywords


Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Arianti, Elli (2009). Pengaruh gaya Kepemimpinan Intruktif, Konsultatif, Partisipatif dan Delegatif Kepala sekolah Terhadap Kinerja Guru pada MAN Kota Banda Aceh. Tesis pada Universitas Syiah Kuala, tidak diterbitkan.

Danim, S. Agenda Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. (2006) Yogyakarta Pustaka Pelajar.

Darma, Surya (2005) Manajemen Kinerja, Filsafat, Theory dan Penerapan. Yogyakarta :Pustaka Pelajar.

Dessler, Gary (2005) Manajemen Sumber Daya Manusia (ninth ed). Alih Bahasa Oleh Eli Wulandarai. Jakarta : Indeks Kelompok Gramedia.

Debdikbud, (2007) Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta Bumi Aksara.

Depdiknas (2004) Petunjuk Pelaksanaan Sistem Pendidikan Nasional Jakarta:Eka Jaya.

Fattah, Nanang (2005) Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung:Pustaka Bani Quraisy.

Fattah, Nanag (2006) Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung Rosdakarya.

Gintigs, A. (2008) Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Humaniora.

Hamalik, Oemar (2005) Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, M. (2010) Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Jamaluddin. (2005) Analisis Kritis Mutu Pendidikan. Banda Aceh Taufiqiyah Saadah.

Jurnal Kependidikan (2005) Pemimpin dan Kepemimpinan. Bandung UPI.

Mangkunegara. (2007) Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung : Aditama.

Mulyasa .E (2008) Menjadi Kepala Sekolha Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. E (2008) Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.

Perarturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi akademik dan Kompetensi Guru.

Robbin, S. (2006) Prilaku Organisasi. Klaten: PT Inta Sejati.

Sagala, Syaiful. (2006) Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.