STRATEGI GURU KELAS DALAM PENGEMBANGAN BAKAT MINAT PESERTA DIDIK DI MIN 2 UJUNG BARO BLANGKEJEREN GAYO LUES

Ainul Mardhiah, Maera Julike

Abstract


 

Strategi guru pada umumnya ialah suatu bagian dari tugas guru dalam menjalani tugasnya yang termasuk dengan penggunaan suatu metode dan pemanfaatan sumber daya atau kegiatan dalam pembelajaran yang berhubungan dengan sekolah maupun peserta didik. Salah satu tugas guru adalah mengembangkan bakat minat peserta didik. Hal ini penting untuk membantu kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik dalam proses pembelajaran, dikarenakan peserta didik tidak tahu potensi minat yang terdapat dalam dirinya dan kurang dukungan dengan kegiatan praktik di lapangan. Tentu banyak hal yang bisa dilakukan guru seperti memotivasi dan bimbingan. Bakat pada dasarnya adalah suatu kemampuan seseorang untuk belajar dalam tempo relatif pendek, sedangkan minat suatu proses yang tetap memperhatikan dan memfokuskan diri pada suatu yang diminatinya dengan perasaan senang dan rasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru kelas dalam pengembangan bakat minat peserta didik di MIN 2 Ujung Baro Gayo Lues, untuk mengetahui faktor pendukung dalam pengembangan bakat minat peserta didik di MIN 2 Ujung Baro Blang kejren Gayo Lues. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah 1 orang wali kelas, 1 orang guru kelas dan 1 orang guru ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  Strategi yang dilakukan oleh guru kelas dalam pengembangan bakat minat peserta didik yaitu; membuat perencanaan dengan membagikan angket untuk mengetahui sejauh mana bakat minat yang dimiliki oleh peserta didik itu sendiri, memberikan motivasi kepada peserta didik dalam pengembangan bakat minatnya. memberikan perhatian kepada peserta didik, dan menjalin kerja sama dengan orang tua peserta didik itu sendiri. Faktor pendukung dalam pengembangan bakat minat peserta didik yaitu dukungan dari orang tua yang tidak terlepas dari dukungan masyarakat serta dukungan sekolah.

Keywords


Strategi, Guru Kelas, Pengembangan, Bakat Minat, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Abror, Abdurrahman. (1993). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Aritonang. (2018). “Minat dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol. 3. No. 2.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2002). Kiat Mengembangkan Bakat Anak di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Aminatul Zahro (2015). Mambangun Kualitas Pembelajaran Melalui dimensi Profesionalisme Guru. Bandung:Yrama Widya.

Cwitherington. ( 2019). Psikologi Pendsidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rimanda Cipta.

Dasim Budiansyah, dkk, Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (Bandung: Ganeshindo, 2008), 70.

Dharsono Sony Kartika, Seni Rupa Modern, (Bandung: Rekayasa sains, 2004

Kamaliah. (2021). “Hakikat Peserta Didik”, Educational Journal: General dan Specific Research. Vol. 1 No. 1.

Kartika, Dharsono Sony. (2004). Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa sains.

Kirom Askhabul. (2017). “Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural”. Jurnal Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 3 No. 1.

Moh Asrori, Mengutip Baron dalam Bukunya Psiko logi Pembelajaran (Bandung: Wacana Prima, 2008).

Munandar, Utami. (1985). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia.

Newman dan Logan. ( 2007). Strategy Policy and Management. London and New York: Longman.

Prayitno. (2009). Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta:Grasindo.

Slameto. (1995). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Rineka Cipta.

Triono. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.