FILSAFAT TRADISIONAL DAN PENGARUHNYATERHADAP PENDIDIKAN IDEALISME
Abstract
Salah satu aliran filsafat pendidikan yang berpaham pengetahuan dan kebenaran adalah idealisme. Paham ini menggunakan metode dialektik, syarat dengan pemikiran, perenungan dialog dan lain-lain. Paham idealisme ini dicetuskan oleh plato murid dari Socrates. Adapun jenis-jenis dan konsep idealisme adalah subyektif, idealisme obyektif, idealisme personal. Dalam hubungannya dengan pendidikan, idealisme memberikan sumbangan yang besar terhadap teori perkembangan pendidikan khususnya filsafat pendidikan, filsafat idealism yang diturunkan dari filsafat metafisik yang menekankan pertumbuhan rohani sehingga kaum idealis percaya bahwa anak merupakan bagian dari alam spiritual, yang memiliki alam spiritual sesuai dengan potensialitasnya. Guru yang menganut paham idealisme biasanya berkeyakinan bahwa spiritual merupakan suatu kenyataan karena mereka tidak melihat murid sebagai apa adanya. Karena tanpa adanya spiritual pola pengajaran aliaran idealisme tidak sepenuhnya berpusat dari anak atau materi pelajaran dan juga bukan dari masyarakat akan tetapi idealisme. Dan kurikulum yang digunakan dalam pendidikan yang beraliran idealisme harus lebih terfokus pada isi yang obyektif atau terbaik.
Keywords
Filsafat Tradisional, Pendidikan, idealisme
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Tafsir, Fiisafat Umum, (Bandung: Rosda, 2000)
Fuad Ihsan, Filsafat Ilmu, (Jakarta, Rineka Cipta, 2010)
Imam Barnadib, Filsafat Pendidikan,( Yogyakarta: Bina Cipta, 1986)
Mahmud Arif, Filsafat Pendidikan, (Yogyakarta: Gama Media, 2007)
Ramayulis dan Samsul Niza, Filsafat Pendidikan Islam Telaah Sistem Pendidikan dan
Pemikiran Para Tokohnya, (Jakarta: Kalam Mulia, 2009)
Uyoh Sadulloh, Pengantar Filsafat Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2007)
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v2i1.24994
Refbacks
- There are currently no refbacks.