KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PEMBINAAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DI MAN 1 LANGKAT SUMATERA UTARA

Siti Nurkhaliza, Sri Rahmi, Ainul Mardhiah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gaya kepala madrasah dalam pembinaan kompetensi guru di MAN 1 Langkat. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang merupakan prosedur penelitian yag menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Subjek penelitian yang digunakan adalah kepala madrasah dan 4 orang guru. Analisis data menggunakan triangulasi dengan teori Miles dan Hubberman. Hasil penelitian di MAN 1 Langkat bahwa kepala madrasah menjalankan 4 gaya kepemimpinan dalam pembinaan kompetensi kepribadian guru. Pertama, gaya kepemimpinan demokratis, kepala madrasah selalu bermusyawarah jika ada suatu masalah yang terjadi. Kedua, gaya kepemimpinan permisif, kepala madrasah dalam melaksanakan suatu usaha, rencana yang begitu tegas dianggap tidak perlu dikarenakan akan mengekang kebebasan bagi setiap anggota dan akan mengurangi inisiatif mereka untuk program kedepannya. Jadi, kepala madrasah menerima usulan dari setiap anggota untuk program kedepannya. menerima usulan dan saran dari anggotanya untuk program kedepannya. Ketiga, Gaya Kepemimpinan Partisipatif, kepala madrasah dengan hati terbuka menerima kritikan dan saran yang membangun dari guru-guru. Ketiga, gaya kepemimpinan karismatik, kepala madrasah yang memiliki daya Tarik yang positif yang bisa mempengaruhi bawahannya. Keempat, Gaya Kepemimpinan Karismatik, kepala madrasah sangat berwibawa, datang tepat waktu, sopan santun, dan ramah tamah untuk sebagai contoh yang baik kepada guru-guru.

Keywords


Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kompetensi Kepribadian Guru.

Full Text:

PDF

References


Annisa Putri. (2019). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Di Mts An-Nur Pelopor Bandar Jaya. Skripsi. Lampung: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Arafit Hasan, Fachruddin Azmi, Syaukani. (2017). Kepala Sekolah dalam Pembinaan Kompetensi Guru Disekolah Menengah Pertama (SMP) Namira Medan. Jurnal Edu Religia. 1, (4).

Asrori dan Rusman. (2020). Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. Jawa Tengah: Pena Persada.

Devi Yani. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru Di Sma Negeri 1 Unggul Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Skripsi. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Didin Kurniadin dan Imam Machali. (2012). Manajemen Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Euis Karwati Dan Donni Juni Priansa. (2016). Kinerja Dan ProFesionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah Yang Bermutu, Bandung: Alfabeta.

Hasanuddin Rahman Daeng Naja. (2004). Manajemen Fit &Proper Test. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Hidayat. (2009). Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Banten: Yayasan Pendidikan dan Sosial.

http://jurnal.unsyiah.ac.id/SNP-Unsyiah/article/view/6940 di akses 20 Juni 2020

https://osf.io/rgqj8/download di akses 21 Juni 2020.

Hurin In Lia Amalia. (2013). Kepemimpinan Karismatik Versus Kepemimpinan Transformasional. Jurnal ANALISA, 1 (2).

| Jurnal Intelektualita, Prodi MPI FTK UIN Ar-Raniry Vol. 8 No.2 Edisi Juli - Desember 2020

Moh. Nur Hidayatullah dan Moh. Zaini Dahlan. (2019). Menjadi Kepala Sekolah Ideal, Efektif Dan Efisien. Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Mulyana. (2010). Rahasia Menjadi Guru Hebat Memotivasi Diri Menjadi Guru Luar Biasa. Jakarta: Grasindo.

Mulyasa. (2014). Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musfah, Jejen. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Novianty Djafri. (2016). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah (Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemadirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Berfikir). Yogyakarta: Budi Utama.

Shinta Linniasari. (2014). Pengaruh Pengembangan SDM Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru (Studi pada SMA Negeri di Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan. 2, (2).

Siti Nurbaya, M. ali, Cut Zahri Harun, Djailani. (2015). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sd Negeri Lambaro Angan. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. 3 (2).

Siti Nurhayati. (2013). Hubungan Kinerja Supervisor dengan Tingkat Kompetensi Guru Sekolah Dasar di Kota Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. 1, (2).

Syaiful Sagala.(2018). Pendekatan Dan Model Kepemimpinan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tias Hotmania. (2019). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Bandar Lampung. Skripsi. Bandar Lampung: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Winardi. (2000). Kepemimpinan Dalam Manajemen, Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.