MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DENGAN LEMBAGA SEKOLAH
Abstract
Hubungan masyarakat dengan sekolah merupakan suatu kegiatan yang bertujuan memperoleh kepercayaan dan sangat penting dalam manajemen guna untuk mencapai tujuan yang spesifik dari organisasi lembaga pendidikan. Pengertian hubungan masyarakat dengan sekolah mempunyai pemikiran yang berbeda namun tujuan dan fungsinya sama yaitu untuk menciptakan opini publik yang menguntungkan sekolah dan lembaga pemerintah yang bersangkutan .Berupa mengatur informasi internal dan eksternal dengan memberikan informasi serta penjelasan seluas mungkin kepada publik mengenai kebanyakan baik program maupun tindakan –tindakan lembaga. tujuan dan tugas utama hubungan masyarakat dengan sekolah yaitu salah satunya menyusun rencana bagaimana cara-cara memperoleh bantuan yang melibatkan masyarakat dalam kegiatan pendidikan baik secara individual seperti membuka kesempatan konsultasi antara orang tua peserta didik dengan guru sekolah ,komite sekolah, organisasi atau alumni. Demikian juga respon yang timbul di kalangan masyarakat menjadi umpan balik dan informasi yang disampaikan harus mendapat perhatian yang sepenuhnya . Berbagai teori mengatakan baik mengenai definisi sistem informasi manajemen maupun penjelasan arti dan tujuan. Jika sebuah fungsi manajemen kurang dilaksanakan dan diabaikan oleh sebuah lembaga maka lembaga pendidikan akan hancur dan tidak lagi diminati masyarakat Karena kurang sosialisasi dan berkomunikasi dengan masyarakat baik secara langsung maupun melalui media.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baharuddin dan Moh. Makin, Manajemen Pendidikan Islam. Malang: UIN Malang, Maliki Press, 2010
Tatang M. Amirin, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Uny Press, 2011
Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2009
Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras, 2009
Suryosubroto, Manajemen Pendidikan Di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2004
Onong Uchjana Effendy, Hubungan Masyarakat, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006
Mujammil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Gelora Aksara Pratama, 2007
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v5i02.4442
Refbacks
- There are currently no refbacks.