PENGARUH PENGETAHUAN, KEPERCAYAAN, DAN PELAYANAN TERHADAP MINAT MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT DI BAITUL MAL KOTA BANDA ACEH

Muhammad Luthfi Irwanda, Nevi Hasnita, Ana Fitria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan, kepercayaan, dan pelayanan terhadap minat muzakki membayar zakat di Baitul Mal Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data regresi linier berganda. Data penelitian ini menggunakan data primer dalam bentuk kuesioner dengan pengolahannya menggunakan SPSS 23. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji parsial (uji-t) dan uji simultan (uji-F) dan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan dan pelayanan tidak berpengaruh terhadap minat muzakki membayar zakat, sedangkan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat. Secara simultan pengetahuan, kepercayaan, dan pelayanan berpengaruh dan signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat pada Baitul Mal Kota Banda Aceh.

Keywords


Pengetahuan; Kepercayaan; Pelayanan; Baitul Mal

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S., Wahid, H., & Mohamad, A. (2006). Penswastaan Institusi Zakat dan Kesannya Terhadap Pembayaran Secara Formal Di Malaysia. International Journal Of Management Studies. 13(2): 175–196.

Anggita, Amelia., dan Yuliafitri, Indri. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan Dan Pelayanan Lembaga Amil Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Di Lembaga Amil Zakat. ISEI Accounting Review. 4(1):8-13.

Baitul Mal Kota Banda Aceh. (2021). Jumlah Muzakki dan Zakat Terhimpun di Baitul Mal Kota Banda Aceh Tahun 2015-2021. Diakses Pada 22 September 2022 Melalui https://baitulmal.bandaacehkota.go.id/.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Dewi, Nanda. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Muzakki Untuk Membayar Zakat Di Baitul Mal Banda Aceh. Skripsi Tidak Dipublikasi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Fariza, C., Ayumiati, A., & Muksal, M. (2023). PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) PADA PT. BANK ACEH SYARIAH. Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance, 5(1), 39-50.

Gurning, Herfita Rizki Hasanah dan Ritonga, Haroni Doli Hamoraon. (2015). Analisis Tingkat Kesadaran Masyarakat Kecamatan Medan Baru Dalam Membayar Zakat, Jurnal Ekonomi dan Keuangan, No.7, Vol.3.

Hamzah, Z dan Kurniawan, I. (2020). Pengaruh Pengetahuan Zakat dan Kepercayaan Kepada BAZNAS Kabupaten Kuantan Singingi Terhadap Minat Muzaki Membayar Zakat. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance. 3(1):30- 40.

Jagdish N, S., & Banwari, M. (2004). Customer Behavior: A Managerial Perspective. Ohio: Thomson South-Western.

Kasmir. (2014). “Manajemen Perbankan”.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kurniati, S. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Muzakki Membayar Zakat, Infaq Dan Shadaqah Di LAZIS RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan (Studi Kasus Karyawan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan). Skripsi.

Moenir, H.A.S. (2002). “Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia”. Jakarta: Bumi Aksara.

Mukhlis, A., & Beik, I. S. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepatuhan Membayar Zakat: Studi Kasus Kabupaten Bogor. Al-Muzara’ah. 1(1).

Muksal, M., Ayumiati, A., & Rahmatika, U. (2023). Peran Zakat Produktif Terhadap Peningkatan Laba Usaha Mustahiq. Studia Economica: Jurnal Ekonomi Islam, (1), 51-61.

Muksal, M., Ramly, A., Abd Majid, M. S., & Indriani, M. (2020). The Effect Of Needs For Performance, Affiliation, And Domination On The Motivation Of Coastal Women Business In Aceh Province. JEM Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 6(1), 1-12.

Muliadi. (2014). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Muzakki Dalam Menyalurkan Zakat pada Dompet Dhuafa Waspada di Kecamatan Medan sunggal. tesis.

Namiroh, Nur Madinatul. (2021). Pengaruh Pelayanan Lembaga Amil Zakat Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat (Studi Kasus Di Lazismu Kabupaten Gresik). Skripsi Tidak Dipublikasi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Nurhasanah. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Citra Lembaga Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat di Laz Yayasan Insan Madani Jambi. BIMA: Journal of Business and Innovation Management. 1(2): 111-127.

Nurhayati, Sri dan Wasilah. (2015). Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Pakpahan, Dewi Rafiah., dan Fadli, Ahmad. (2021). Pengaruh Pelayanan, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Minat Membayar Zakat Pada Baznas Sumut. Ekuivalensi: Jurnal Ekonomi Bisnis. 7(2): 280-294.

Prahmadita, A. D. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siwa untuk mengikuti Ekstrakulikuler di SMPN 1 Sleman. 9.

Qardhawi, Y. (2014). Hukum Zakat. Jakarta: Mitra Kerjaya indonesia.

Rouf, M. A. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Membayar Zakat di Rumah Zakat Cabang Semarang. Skripsi.

Sari, E. K. (2016). Pengantar Hukum Zakat dan Wakaf. Jakarta: Grasindo.

Sumarwan, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunyoto, Danang. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru.

Susilawati, Mita. (2019). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah. Skripsi Tidak Dipublikasi.

Wibowo. (2016). Manajemen Perubahan. Jakarta: PT. Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jihbiz.v6i1.25543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Luthfi Irwanda, Nevi Hasnita, Ana Fitria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Editorial Office
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance
Program Studi Perbankan Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Jln. Syaikh Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Contact jihbiz@ar-raniry.ac.id    

                                                                                                   

Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  

 

 Membership: