Implementasi Pelayanan Customer Service Pada Produk Tabungan Di Bank Syariah

Nova Safitri, Yulindawati Yulindawati, Rika Mulia

Abstract


Customer Service Bank Syariah Indonesia KCP Takengon Sengeda 1 Aceh Tengah selalu berusaha menjalankan perannya dalam membantu nasabah memilih produk tabungan serta memberikan informasi tentang produk-produk tabungan yang ada pada bank. Dan dalam mengatasi komplain nasabah Customer Service menjalankan dengan standar pelayanan yang sudah diterapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Customer Service dalam melayani nasabah yang akan menggunakan produk tabungan dan strategi Customer Service mengatasi komplain nasabah. Penelitian ini merupakan pendekatan deskriptif kualitatif, melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan Supervisor Customer Service dan Customer Service. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bank Syariah Indonesia KCP Takengon Sengeda 1 Aceh Tengah telah mampu memberikan perannya sebagai Customer Service yang baik Customer Service juga membantu nasabah dalam memilih produk tabungan yang akan digunakan dan mengatasi komplain nasabah sesuai dengan standar pelayanan.

Keywords


Pelayanan; Customer Service; Tabungan; Bank Syariah; Penanganan Komplain

Full Text:

PDF

References


Endro Prihastono. (2012). Pengukuran Kepuasan Konsumen Pada Kualitas Pelayanan Customer Service Berbasis Web. Dinamika Teknik, 6, 14–24.

Fernandes, Y. D., & Marlius, D. (2018). Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Nasabah Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Cabang Utama Padang. Akademi Keuangan Dan Perbankan Padang, 1–12.

Handayani, F. (2017). Peranan Customer Service Dalam Pelayanan Produk Simpanan Pada Bank Syariah Kantor Cabang Pembantu (Kcp) Metro.

Hasni. (2019). Strategi Customer Service Dalam Mengatasi Komplain Nasabah Pada Bank Tabungan Negara KCP PAREPARE. Jurusan Teknik Kimia USU, 3(1), 18–23.

Iman, E. C. N., & Natasya, A. (2022). Implementasi Customer Service BRI melalui Instagram untuk meningkatkan Kepuasan Nasabah saat Pandemi Covid-19. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 5(1), 1–14.

Ismuadi, I., Muksal, M., & Yusuf, M. A. (2024). The Influence Of Education, Knowledge And Skills On The Performance Of PT Bank Aceh Syariah Employees. EKOBIS SYARIAH, 8(1), 49-55.

Kurniawan, D. (2017). Optimalisasi Pelayanan Perbankan Syariah. Journal Of Islamic Economic And Social, 1, 16–27.

Maulidy, I. B., Afifudin, A., & Sari, A. F. K. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Juga Kinerja Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bsi Kcp Malang Lawang. El-Aswaq.

Mirawati, & Fernos, J. (2019). Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Nasabah Pada Bank Nagari Cabang Siteba Padang. Akademi Keuanagan Dan Perbankan, 4(1), 1–8.

Muksal, M., Furqani, H., & Mustika, R. J. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Menjadi Nasabah Bank Aceh Syariah. EKOBIS SYARIAH, 7(1), 26-33.

Muksal, M., Ayumiati, A., & Yuliadra, T. F. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Memilih Asuransi Syariah. JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 3(2), 148-160.

Muthia Anggraeni. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Keunggulan Produk terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Muamalat Bandung. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 59–64.

Natasya Putri & Marlius Doni. (2021). Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Nasabah Pada PT. BPD Sumatera Barat Cabang Pasar Raya Padang. 1–12.

Saputra, S., & Kusumawardani, L. W. (2020). Analisis Penanganan Keluhan Pelanggan Layanan Pos Express Pada Kantor Pos Kediri 64100. Bisnis Dan Pemasaran, 10, 1–8. https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/promark/article/view/735/552.

Sari, N., Ibrahim, A., Muzammil, M., & Muksal, M. (2024). Managing Financing Risk Of Islamic Banking Products In Indonesia: A Value At Risk Approach. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 24(1), 213-240.

Supaino, S. (2020). Implementasi Maqashid Syariah Dalam Pelayanan Custumer Service Bank Syariah (Studi Pada BNI Syariah KC Medan). Jurnal Hukum Kaidah: Media Komunikasi Dan Informasi Hukum Dan Masyarakat, 20(1), 83–91.

Susanto, E. (2018). Pengaruh Efikasi Diri, Disiplin Kerja Dan Pelayanan Terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Di Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jurnal Ilmiah FE-UMM, 12(2), 30–41.

Visioner, J. (2022). Analisis Komunikasi Customer Service dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Nasabah pada PT Bank Syariah Indonesia Tbk Unit Sawang Cabang Lhokseumawe. 11(September), 23–29.

Yuriansyah, A. L. (2013). Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan, Nilai Produk Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jihbiz.v6i1.25547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nova Safitri, Yulindawati Yulindawati, Rika Mulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Editorial Office
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance
Program Studi Perbankan Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Jln. Syaikh Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Contact jihbiz@ar-raniry.ac.id    

                                                                                                   

Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  

 

 Membership: