PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) BANK INDONESIA PROVINSI ACEH TERHADAP PROGRAM UMKM UNTUK MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Cut Leni Narisyah, Muhammad Yasir Yusuf, Cut Elfida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana pelaksanaan dan pengaruh bantuan CSR yang diberikan Bank Indonesia Provinsi Aceh kepada UMKM guna meningkatkan produktivitas dan pengembangan usaha sehingga menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan menggunakan data primer yaitu berupa wawancara dengan pihak Bank Indonesia Provinsi Aceh dan pelaku UMKM. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, selanjutnya data tersebut dikelompokkan dan disusun dengan pokok permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Bank Indonesia telah melaksanakan program tanggung jawab sosial dengan baik serta memberikan  berpengaruh terhadap tumbuhnya UMKM dengan baik , sehingga terjadi peningkatan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat sekitar.

 Kata Kunci: CSR, UMKM, Pemberdayaan


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, H. (2016). Rapor Merah Bank Syari'ah. Bogor: Al-Azhar Press.

Apandi, R. (2015). pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR), Non Performing Financing (NPF), Return On Aset (ROA), dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Pembiayaan Mudharabah (Survey pada Bank Syari'ah yang Listing di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2009-2013). Procedings ICIEF , 1506.

Ascarya, & Yumanita, D. (2005). Mencari solusi Rendahnya Pembiayan Bagi Hasil Di Perbankan Syari'ah Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan , 7.

Gunawan, S. (2005). Analisis Regresi Linier Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ismail. (2011). Perbankan Syari'ah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Isna K, A., & Sunaryo, K. (2012). Analsis Pengaruh ROA, BOPO dan Suku Bunga Bank Terhadap Bagi Hasil Deposito Mudharabah Pada Bank Umum Syari'ah. Journal Ekonomi dan Bisnis , 29.

Natalia, E., Dzulkirom AR, M., & Rahayu, S. M. (2014). Pengaruh Tingkat Bagi Hasil Deposito Bank Syari'ah dan Suku Bunga Deposito Bank Umum Terhadap Jumlah Simpanan Deposito Mudharabah (Studi pada PT. Bank Syari'ah Mandiri Periode 2009-2012). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) , 1.

Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Laporan Perkembangan Keuangan Syari'ah 2015. Jakarta: www.ojk.go.id.

Pratin, & Adnan, A. (2005). Analisis Hubungan Simpanan, Modal Sendiri, NPL, Prosentase Bagi Hasil dan Markup Keuntungan Terhadap Pembiayaan Pada Perbankan Syari'ah Studi Kasus Pada Bank Muamalat Indonesia (BMI). Kajian Bisnis dan Manajemen SNRG , 38.

Rumengan, J., Hakim, A., Juliandi, A., & Fahmi, M. (2013). STATISTIK PENELITIAN. Bandung: Melvinic.

Sari, D. A. (2014). Analisis Pengaruh Bagi Hasil, Suku Bunga (BI Rate), dan Inflasi Terhadap Jumlah Deposito Mudharabah Pada Bank Umum Syari'ah Di Indonesia Periode 2009-2012. 5.

Sihombing. (2013, Juli 18). Finansial. Dipetik Februari 14, 2018, dari http://finansial.bisnis.com: http://finansial.bisnis.com/read/20130718/9/151550/kamus-ekonomi-apa-arti-suku-bunga-deposito

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian KUANTITATIF. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sunyoto, D. (2012). Analisis Validitas & Asumsi Klasik. Yogyakarta: Gava Media.

Tim Penyusun; Karim Consulting. (2015). Islamic Finance Outlook 2015. Jakarta: Karim Consulting Indonesia.

Wahyu. (2016). Financing to Deposit Ratio Sebagai Salah Satu Penilaian Kesehatan Bank Umum Syari'ah. Islamiconomic , 22.

www.ojk.go.id. (2016, Desember 27). Laporan Perkembangan Keuangan Syari'ah. Dipetik Januari 01, 2018, dari www.ojk.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jihbiz.v1i1.4610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance.



 Editorial Office
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance
Program Studi Perbankan Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Jln. Syaikh Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Contact jihbiz@ar-raniry.ac.id    

                                                                                                   

Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  

 

 Membership: