FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG BANDA ACEH DALAM MENGGUNAKAN E-MONEY

Febrina Rezky, Nevi Hasnita, Ismuadi Ismuadi

Abstract


Pemerintah telah mencanangkan program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dengan menggunakan uang elektronik (e-money) yang dianggap lebih efektif dan efesien guna menciptakan masyarakat Indonesia sebagai Less Cash Society. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Banda Aceh dalam menggunakan e-money. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan angket. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Syariah Mandiri dengan sampel sebanyak 99 nasabah yang ditetapkan dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kemudahan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan e-money. Kemanfaatan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan e-money. Promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan e-money. Fitur Layanan secara parsial berpengaruh terhadap minat menggunakan e-money. Kemudahan, kemanfaatan, promosi dan fitur layanan secara simultan berpengaruh terhadap minat menggunakan e-money.


Keywords


kemudahan; kemanfaatan; promosi fitur layanan; minat nasabah

Full Text:

PDF

References


Aditiyawarman. (2014). Jasa Marga Kesulitan Siapkan Uang Kembalian.

Anendro, Imam. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bank Syariah Mandiri terhadap Penggunaan E-money. Skripsi. Universitas Negeri Islam Sunan Kalijaga, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Perbankan Syariah. Yogyakarta.

Anshori, Muslich., Iswati, Sri. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Erlangga University Press.

Arifin, Zainul. (2006). Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah. Jakarta: Azkia Publisher.

Bank Indonesia. (2014). Bank Indonesia Mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai. Jakarta.

Bank Indonesia. (2018). Peraturan Bank Indonesia Nomor 20/6/PBI/2018 tentang Uang Elektronik.

Bank Syariah Mandiri. (2020) Jumlah Nasabah dari Tahun 2017-2019.

Buchari, Alma. (2011). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Davis, F.D., Bagozzi, R.P., Dan Warshaw, P.R. (1989). User Acceptance of Computer Technologi A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science. 35 (8), 982-1003.

Genady, Dien Ilham. (2018). Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan dan Promosi Uang Elektronik terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik di Masyarakat (Studi Kasus di Provinsi DKI Jakarta). Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Perbankan Syariah. Jakarta.

Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Huda, Nurul., Heykal, Mohamad. (2010). Lembaga Keuangan Islam Tinjauan Teoretis dan Praktis. Jakarta: kencana.

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi

Kotler, Philip Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Marchelina, Dwi., Pratiwi, Raisa. (2018). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko dan Fitur Layanan terhadap Minat Penggunaan E-money.

Mudrajat, Kuncoro. (2013). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Pramudena, Sri Marti., dan Setiawan, Nanda. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan terhadap Minat Konsumen Menggunakan Kartu Mandiri E-money (Studi Kasuss Bank Mandiri Persero TBK Cabang Jakarta Komplek 117). Jurnal Ilmiah Binaniaga. Vol 14, No 1.

Pratama, Andhika Bayu., Suputra, I Dewa Gede Dharma. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Tingkat Kepercayaan pada Minat Menggunakan E-money. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol 27, No 2.

Pratiwi, Nidya Intan. (2018). Pengaruh Promosi dan Persepsi Kemudahan terhadap Minat Nasabah Menggunakan Uang Elektronik Brizzi (Survey pada Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia Persero KC Bandung Kopo). Skripsi. Universitas Pasundan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen. Bandung.

Pratiwi, Thirsa Sari. (2015). Pengaruh Daya Tarik Promosi, Pengetahuan Produk, Persepsi Manfaat dan Kesesuaian Harga terhadap Minat Menggunakan Kartu Flazz BCA dalam Menggerakkan Financial Inclusion di Surabaya. Artikel lmiah. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas, Jurusan Manajemen. Surabaya.

Priambodo, Singgih., dan Prabawani, Bulan. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat. Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Risiko terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang).

Rahmatsyah, Deni. (2011). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Produk Baru (Studi Kasus Uang Elektronik Kartu Flazz BCA). Thesis. Universitas Indonesia. Depok.

Ramadhan, Adi Firman., Prasetyo, Andrian Budi., dan Irviana, Lala. (2016). Persepsi Mahasiswa dalam Menggunakan E-money. Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis. Vol 13, No 2.

Rivai, Veithzal., Veithzal, Andria Permata., dan Indroes, Ferry N. (2007). Bank and Financial Institution Management. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Subari, Sri Mulyati Tri., dan Ascarya. (2017). Kebijakan Sistem Pembayaran di Indonesia, Seri Kebank Sentralan. No 8. Pusat Pendidikan dan Studi Kebank Sentralan (PPSK). Bank Indonesia.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta CV.

Suryani Dan Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenada Media Grup.

Soemitra, Andri. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana.

Theriady, Hans Setiawan., dan Ginting, Dahlia Br. (2015). Analisis Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Resiko, Kepercayaan dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah dalam Menggunakan E-Banking (Studi Kasus: PT. Bank BPRKS Bandung). Media Informatika. Vol 14, No 2.

Utami, Sulistyo Seti., dan Kusumawati, Berlianingsih. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-money (Studi pada Mahasiswa STIE Ahmad Dahlan Jakarta). Jurnal Balance. Vol XIV, No 2.

Vhistika, Nisa Indira. (2017). Pengaruh Tingkat Pemahaman E-money dan Kemanfaatan terhadap Minat Menggunakan E-money (Studi pada Masyarakat Pemilik Uang Elektronik di Wilayah Tanah Abang). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta Fakultas Ekonomi pada Program Studi Akuntansi. Yogyakarta.

Wibowo, Setyo Ferry., Rosmauli, Dede., dan Suhud, Usep. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-money Card (Studi pada Pengguna Jasa Commuterline di Jakarata). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. Vol 6, No 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jihbiz.v3i1.9630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Febrina Rezky, Nevi Hasnita, Ismuadi Ismuadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Editorial Office
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance
Program Studi Perbankan Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Jln. Syaikh Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Contact jihbiz@ar-raniry.ac.id    

                                                                                                   

Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  

 

 Membership: