PENGARUH EFISIENSI, KEAMANAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT NASABAH BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN MOBILE BANKING (STUDI PADA NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI ULEE KARENG BANDA ACEH)

Mukhtisar Mukhtisar, Ismail Rasyid Ridla Tarigan, Evriyenni Evriyenni

Abstract


Hadirnya mobile banking juga dapat memberikan dampak yang positif dikarenakan tujuan utama dari Mobile Banking yaitu untuk  mempermudah nasabah dalam melakukan setiap transaksi yang ingin dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efisiensi, keamanan, dan kemudahan terhadap minat nasabah bertransaksi menggunakan mobile banking pada nasabah bank syariah mandiri Ulee Kareng Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran koesioner kepada 100 responden yaitu kepada nasabah bank syariah mandiri Ulee Kareng Banda Aceh, metode analisis regresi berganda menggunakan bantuan software IBM SPSS Versi 26. Hasil pengujian secara parsial menunjukan bahwa variabel efisiensi dan kemudahan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah bertransaksi menggunakan mobile banking, sedangkan variabel keamanan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah bertransaksi menggunakan mobile banking. Hasil penelitian selanjutnya menunjukan bahwa secara bersama-sama variabel efisiensi, keamanan dan kemudahan terhadap minat nasabah bertransaksi menggunakan mobile banking.


Keywords


Minat Nasabah; Mobile Banking; Efisiensi; Keamanan; Kemudahan

Full Text:

PDF

References


Anoraga, P. &. (2011). Psikologi Dalam Perusahaan. Jakarta: Rineka Cipta.

Antonio, M. S. (2016). Bank syariah dari teori ke praktik edisi revisi 2003. Jakarta: Gema Insani Press.

Barata, A. (2003). Prinsip Dasar Operasional Perbankan Syariah. Achmad Barata.

Darmadi. (2017). pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. In Darmadi, pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa (p. 307). Yogyakarta: Deepublish.

Darmayanti. (2017). Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank NTB Syariah Cabang Mataram. Skripsi:Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Mataram.

Davis, F. D., (1989), Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology, MIS Quarterly, 13/3: 319-339.

Depdiknas. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dewi, N. L. (2017). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan,Kemudahan Penggunaan,dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan EBanking Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1, Vol. 7. No.1.

Dima, W. R. (2017). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol.6 No.2.

Farizi, H. d. (2013). Pengaruh Persepsi Kegunaan Persepsi Kemudahan, Persepsi Resiko dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunaan Internet Banking. Jurnal Akuntansi Universitas Brawijaya Malang.

Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keprilakuan. Yogyakarta: Penerbit Andi

Lee, 2009. Pengantar Manajemen. Salemba Empat: Jakarta.

Mahardika, A. a. (2011). Factor Determining Acceptance Level of Internet Banking Implemantation. Journal of Economics, Business, and Acccountancy.

Mulyadi. (2007). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: BPFE-UGM.

Nasution. (2011). Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pambudi, A. d. (2014). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Keterbatasan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking Pada Program Layanan Internet Banking BRI . Jurnal studi Manajemen, vol.8, No 1.

Pambudi, M. L. (2015). Maria Loki Kristianti dan Rilo Pambudi. Jurnal Akutansi, 11(1), 50-67.

Pintrich, P. &. (1996). The Role of Expectancy and Self-Efficacy Beliefs Motivation in Education: Theory, Research & Applications. Englewood Cliffs : Prentice-Hall.

Rahardjo, B. (2005). Keamanan Sistem Informasi Berbasis Internet. Bandung: PT Insan Infonesia.

Ramadhan, R. (2017). persepsi kemudahan pengunaan, presepsi kredibilitas dan persepi harga terhadap niat nasabah menggunakan layanan mobile banking. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan .

Riswandi, B. A. (2005). Aspek Hukum Internet Banking. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Seomarso, F. I. (2018). Analisi pengaruh keamanan, kemudahan penggunaan, kepercayaan nasabah dan kebermanfaatan terhadap minat menggunakan e-banking. Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah , Vol 8 , No.2 .

Sjahdeini, S. R. (2007). Perbankan Islam,. In S. R. Sjahdeini, Perbankan Islam, (p. 1). Jakarta: PT Pustaka Grafiti.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabet.

Sumirto, W. (1996). Asas-Asas Perbankan islam Dan Lembaga-Lembaga Terkait (BMUI dan Tafakul). Jakarta: PT. Raja Grafndo.

Susanto, A. et al., 2013. User acceptance of Internet banking in Indonesia: initial trust PENGGUNAAN LAYANAN INTERNET BANKING; Ellen Theresia Sihotang 36 formation. Information Development, 29(4), pp.309–322. Available at: http://idv.sagepub.com/cgi/doi/10.1177/0266666912467449.

Syaefullah, H. F. (2004). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan Internet Banking. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Pp 1-14.

Tjini, dan Baridwan. 2013. Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi kenyamanan terhadap minat menggunakan Internet Banking. Jurnal Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang.

Vina Pandu Winata, S. d. (2018). Analisis Kemudahan Penggunaan, Efisiensi Dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan BSM Mobile Banking. EKONOMIKA SYARIAH Journal of Economic, Vol. 2 , No. 2.

Widjaja. 2010. Komunikasi: Komunikasi Dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara

Yousafzai, S. P. (2003). A Proposed Model Of E-Trust For Electronic Banking. Journal Technovation,, 23(11): 21.

Zahid, N. A. (2010). Consumer Acceptance of Online Banking. European Journal of Economics , Finance and Administrative Sciences.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jihbiz.v3i1.9632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mukhtisar Mukhtisar, Ismail Rasyid Ridla Tarigan, Evriyenni Evriyenni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Editorial Office
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance
Program Studi Perbankan Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Jln. Syaikh Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Contact jihbiz@ar-raniry.ac.id    

                                                                                                   

Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  

 

 Membership: