Korelasi Antara Persepsi Siswa Terhadap Penerapan Model Non Directive Teaching Dengan Motivasi Belajar Bahasa Arab Di SMK Muhammadiyah Prambanan

Nurlaila Nurlaila

Abstract


Model Pembelaaran non directive teaching merupakan salah satu model pengajaran personal yang didasarkan pada teori konseling karya Carl Rogers yang menyatakan bahwa hubungan positif antar sesama manusia memudahkan mereka untuk tumbuh. SMK Muhammadiyah Prambanan merupakan sekolah berbasis kejuruan, yang mana mayoritas siswanya merupakan remaja laki-laki. Selain problem linguistik (fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik) yang merupakan problem utama yang dihdapai oleh siswa, di sisi lain berdasarkan background keilmuan diminati siswa adalah keilmuan praktis (empiris) sehingga kecenderungan siswa untuk mempelajari ilmu-ilmu normatik-teoritik seperti bahasa Arab masih sangat minim. Oleh karena itu perlu adanya treatmen dan prilaku khusus untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab. Model non directive teaching dengan pendekatan personalnya membangun hubungan positif diharapak dapat diciptakan dengan membangun relasi yang baik antara guru dengan siswa atau siswa dengan siswa lainnya sehingga menciptakan dorongan untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara persepsi siswa terhadap penerapan model non directive teaching dengan motivasi belajar bahasa Arab siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan yang diperoleh dengan random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial melalui uji korelasi sederhana (product moment) dan uji regresi sederhana, yang sebelumnya  dilakukan uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan dan pengaruh yang positif signifikan antara persepsi siswa terhadap penerapan model non directive teaching dengan motivasi belajar bahasa Arab siswa.


Keywords


Persepsi Siswa, Model Non Directive teaching, Motivasi Belajar Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Afifah, Ihsanti Nur Rahmatul, Hubungan antara Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Guru Bahasa Arab dan Motivasi Belajar pada Siswa MTS Ma’arif Tembarak Kabupaten Temanggung, Skripsi Fakultas Sosial dan Humaniora UIN sunan kaljaga yogyakarta, 2012.

Ahmad, Zainal Arifin, Perencanaan Pembelajaran dari Desain Sampai Implementasi, Hand Out Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga,Yogyakarta 2010.

Dale H. Schunk et. al., Motivasi dalam Pendidikan Teori Penelitian dan Aplikasi, Jakarta: Indeks, 2012.

Armando, Nina M., Psikologi Komuniasi, Jakarta: Universitas Terbuka, 2009.

Joyce, Bruce et.al., Models of Teaching, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

King, Luara A., The Science of Psychology an Appreciative View, Jakarta: Salemba Humanika, 2012.

Ormrod, Jeanne Ellis, Psikologi Pendidikan Jilid II, Jakarta: Erlangga, 2008.

Latipah, Eva, Pengantar Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Pedagogia, 2012.

Rakhmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung: Rosdakrya, 2011.

Siregar Eveline, Hartini Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

Suyono, Hariyanto, Implementasi Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Rosdakarya, 2015.

Uno, Hamzah B., Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Model Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Winkel, W.S., Psikologi Pengajaran, Yogyakrata: Media Abadi, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ls.v9i1.6753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nurlaila Nurlaila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Lisanuna
Jurnal Lisanuna©2022/2023, Published by Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA),  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh
All rights reserved
=================
To be Indexed by:

 

Flag Counter