Korelasi Antara Persepsi Siswa Terhadap Penerapan Model Non Directive Teaching Dengan Motivasi Belajar Bahasa Arab Di SMK Muhammadiyah Prambanan
DOI:
https://doi.org/10.22373/ls.v9i1.6753Keywords:
Persepsi Siswa, Model Non Directive teaching, Motivasi Belajar Bahasa ArabAbstract
Model Pembelaaran non directive teaching merupakan salah satu model pengajaran personal yang didasarkan pada teori konseling karya Carl Rogers yang menyatakan bahwa hubungan positif antar sesama manusia memudahkan mereka untuk tumbuh. SMK Muhammadiyah Prambanan merupakan sekolah berbasis kejuruan, yang mana mayoritas siswanya merupakan remaja laki-laki. Selain problem linguistik (fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik) yang merupakan problem utama yang dihdapai oleh siswa, di sisi lain berdasarkan background keilmuan diminati siswa adalah keilmuan praktis (empiris) sehingga kecenderungan siswa untuk mempelajari ilmu-ilmu normatik-teoritik seperti bahasa Arab masih sangat minim. Oleh karena itu perlu adanya treatmen dan prilaku khusus untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab. Model non directive teaching dengan pendekatan personalnya membangun hubungan positif diharapak dapat diciptakan dengan membangun relasi yang baik antara guru dengan siswa atau siswa dengan siswa lainnya sehingga menciptakan dorongan untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara persepsi siswa terhadap penerapan model non directive teaching dengan motivasi belajar bahasa Arab siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan yang diperoleh dengan random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial melalui uji korelasi sederhana (product moment) dan uji regresi sederhana, yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan dan pengaruh yang positif signifikan antara persepsi siswa terhadap penerapan model non directive teaching dengan motivasi belajar bahasa Arab siswa.
References
Afifah, Ihsanti Nur Rahmatul, Hubungan antara Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Guru Bahasa Arab dan Motivasi Belajar pada Siswa MTS Ma’arif Tembarak Kabupaten Temanggung, Skripsi Fakultas Sosial dan Humaniora UIN sunan kaljaga yogyakarta, 2012.
Ahmad, Zainal Arifin, Perencanaan Pembelajaran dari Desain Sampai Implementasi, Hand Out Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga,Yogyakarta 2010.
Dale H. Schunk et. al., Motivasi dalam Pendidikan Teori Penelitian dan Aplikasi, Jakarta: Indeks, 2012.
Armando, Nina M., Psikologi Komuniasi, Jakarta: Universitas Terbuka, 2009.
Joyce, Bruce et.al., Models of Teaching, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
King, Luara A., The Science of Psychology an Appreciative View, Jakarta: Salemba Humanika, 2012.
Ormrod, Jeanne Ellis, Psikologi Pendidikan Jilid II, Jakarta: Erlangga, 2008.
Latipah, Eva, Pengantar Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Pedagogia, 2012.
Rakhmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung: Rosdakrya, 2011.
Siregar Eveline, Hartini Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.
Suyono, Hariyanto, Implementasi Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Rosdakarya, 2015.
Uno, Hamzah B., Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Model Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Winkel, W.S., Psikologi Pengajaran, Yogyakrata: Media Abadi, 2012.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
1.b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
1.c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. Proposed Policy for Journals That Offer Delayed Open Access Authors who publish with this journal agree to the following terms:
2.a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
2.c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).