Interpretasi Al-Qur'an Surat Al-Maidah 51: Aplikasi Teori Penafsiran Hermenutika Jorge J. E. Gracia

M. Dani Habibi

Abstract


This article describes the study on the interpretation of the surah al-Maidah: 51. Literally, the surah: 51 prohibit the Muslims from electing and appointing a Christian and a Jew as an awliya. The researcher used the Jorge J. E Gracia’s hermeneutic approach in a book called A Theory of Textuality. The study also uses qualitative methods with a library research. Gracia's main theories include the nature of interpretation, interpreters’ dilemma and interpretation function (historical function, meaning development function and implication function). Interpretation typology can assess the truth and plurality of interpretations truth, objectivity and subjectivity of interpretation, and the concept of understanding.


Abstrak: Artikel ini berisi penelitian tentang penafsiran Al-Qur’an surah al-Maidah: 51. Secara literal, Al-Qur’an surah :51 berisi tentang larangan tentang umat Muslim dalam memilih dan mengangkat seorang Nasrani dan Yahudi menjadi seorang awliya’. Peneliti Menggunakan pendekatan hermenuetika Jorge J.E Gracia dalam buku yang berjudul A Theory of textuality. Penelitian juga menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jelas penelitian library research . Teori-teori pokok Gracia meliputi hakekat interpretasi, dilema seorang penafsir dan fungsi interpretasi (fungsi histori,fungsi perkembangan makna dan fungsi implikasi) tipologi penafsiran bisa dinilai kebenaran dan pluralitas kebenaran interpretasi,obyektivitas dan subyektivitas penafsiran,serta konsep mengenai pemahaman.


Keywords


Q.S.al-Maidah:51; Hermeneutics; Jorge J.E Gracia

Full Text:

PDF

References


Al-Qurthubi.Syeh Imam “Tafsir AL-Qur’an tafsir Al-Qurtubi” Jilid 6,Cet.1.Jakarta : Pustaka Azam,2009

Al-Suyuti, Jalaluddin. Sebab Turunnya Ayat al-Qur’an. ter. Tim Abdul Hayyie Jakarta: Gema Insani, 2008

al-Shallābī.Alī Muhammad, “al-Sīrah al-Nabawiyyah”,.Beirūt: Dār al-Ma’rifah, 2010. Dian.Supyan,”kepemimpinan Islam dalam Tafsir Al-Mishbah” Yogyakarta:Skripsi Fakultas Dakwah,2013. Didalam Jurnal Konstitusi PKK Fakultas Syariah IAIN Antasari Volum II Nomor1,Juni 2009

DepartemenAgama RI, Al-Qur’an dan Tafsirnya ( UII) jilid 2,.Yogyakarta PTDana Bhakti Wakaf,1991.

Gadamer.Hans-Georg,”Philosophical Hermenutic”,David E ling (ed),(London;University Of California Press,2008.

Gracia.Jorge J. E, A Theory Of Textuality: The Logic And Epistemology (Albany:State University Of New York Press, 1995.

Hanafi,hasan, Hermeneutika Al-Qur’an, Penerjemah Yudian Wahyudi dan Hamdiah Latif.yogyakarta.Pesantren nawesea Press.2009.

Hardiman.Budi”Seni memahami,hermenuetika dari Schleiermacher sampai derrida”(Yogyakarta:kanesius.2015)

Hamka” Tafsir Al-Azhar”.Malaysia :Pustaka islamiya.2007

Hakim, Taufik Amtsilati Metode dalam Mendalami Al-Qur’an dan Kitab Kuning, Vol.I.Jepara:Al-Falah Offes,2003

Ibrahim.Hasan,“Sejarah dan Kebudayaan Islam”, Terj. H.A.Bahauddin, (Jakarta: Kalam Mulia, 2001.

Jalal al-Din al-Suyuti, al-Itqan fi Ulum al-Qur’an Beirut: Dar al-Fikr, 1974, K. Ali, A Study of Islamic History, Terj. Ghufron A. Mas’adi.Jakarta: PT Grafindo Persada, 1996.

Kahalik,Abu Thalib, “kepemimpinan non Muslim Dalam Perespektif Ibnu Taimiyah”.Lampung: Jurnal Studi Islam.2014.

Muhdlor, Atabik ali ahmad zuhdi”Kamus Kontemporer Arab-Indonesia.“.Yogyakrta : Multii karya Drafiik

Munawwir Warson, Ahmad. Al-Munawwir kamus Arab-Indonesia. Surabaya: PustakaProgressif, 1997. Muhammad Araa’ini.Syeh syamsuddin, Mutamimmah Ajurumiyyah terj.Moch Anwar Bandung:Sinar Baru Algensindo.2003

Recoeur.Paul”Hermenutika Ilmu Sosial” terj.Muhammad Syukri .Yogyakarta:kreasi Wacana.2006

Shihab, Quraish. Tafsir Al-Misbah: Pesan, kesan dan keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2009 Vol III.

Shihab, Quraish. Membumikan al-Qur’an, fungsi dan peran wahyu Dalam kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan, 1992. Syafa’atun Almirzanah dan Sahiron Syamsuddin (ed),”Upaya Integrasi

Hermenuitika dalam kajian Al-Qur’an dan Hadis: teori dan Aplikasi” (buku 2 Tradisi Barat),. Yogyakarta : Lembaga Penelitian Universitas Islam Negri Yogyakarta.2011.

Supriyadi, Asep, Skripsi Teori Penafsiran Jorge J.E Gracia Dan Aplikasinya Terhadap Surat Al-Anfal Ayat 45-47. yogyakarta: Jurusan tafsir Hadis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,2013.

Sahiron, Syamsuddin dalam bukunya “Hermeneutika dan perkembangan Ulumul Qur’an”.Yogyakarta. Pesantren nawesea Press.2009.

Suryadinata,Muhammad, “kepimpinan Non Muslim dalam Al-Qur’an Analisis terhadap penafsiran FPI terkait ayat Pemimpin Non Muslim”.Jakarta:

Jurnal UIN Syarif Hidayatullah.2015. “http://skripsi-manajemen.blogspot.com/2011/02/teori-motivasi-maslow- mcclelland.html. Sahiron Syamsuddin,”Penafsiran Kontekstual al-Maidah : 51”,dalam http://uin- suka.ac.id/v2016/kolom/detail/52/penafsiran-kontekstualis-atas-qs-al- maidah-51 ,diakses pada tanggal 20 Juni 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/substantia.v21i1.4455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SUBSTANTIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SUBSTANTIA: JURNAL ILMU-ILMU USHULUDDIN 
DITERBIKAN OLEH: 
FAKULTAS USHULUDDIN DAN FILSAFAT
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) AR-RANIRY BANDA ACEH, ACEH INDONESIA

 

ALAMAT REDAKSI:
Gedung Fakultas Ushuluddin Lantai II, Fakultas Ushuluddin, UIN Ar-Raniry, Jln. Lingkar Kampus, Kopelma Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7551295. eMail: substantia.adm@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.