Artikel
Model Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Di Sekolah Dasar 19 Banda Aceh
Affiliation Details
- Irma Suryani: Magister Ilmu Kebencanaan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
- Sri Adelila Sari: Magister Ilmu Kebencanaan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
- Sri Milfayetty: Magister Ilmu Kebencanaan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
Abstract
Kerusakan lingkungan dapat menimbulkan bencana alam. Bencana tersebut dapat mengakibatkan korban jiwa dan harta benda. Hal ini disebabkan masih rendahnya pengetahuan masyarakat tentang kesiapsiagaan dan kepedulian akan fenomena alam dan diakibatkannya. Dalam meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan diperlukan model pembelajaran, salah satu quantum teaching dengan permainan ular tangga dan engklek. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui cara model quantum teaching dalam meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi di sekolah dasar negeri 19 Banda Aceh. Tempat penelitian Sekolah Dasar Negeri 19 Banda Aceh pada siswa kelas V (lima) yang berjumlah 17 (tujuh belas). Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dengan model quantum teaching dengan menggunakan permainan ular tangga dan engklek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah mencapai 82,4% pada siklus pertama dan meningkat menjadi 94,1% pada siklus kedua. Kesimpulan adalah model quantum teaching dapat meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi di sekolah dasar negeri 19 Banda Aceh. Hal ini, merupakan upaya mempersiapkan masyarakat melalui siswa sekolah dasar dalam menghadapi bencana gempa bumi yang mungkin, akan terjadi dan tanpa diduga.
Kata Kunci: Pengetahuan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi, dan Model Quantum Teaching.
Environmental damage can lead to disaster. The disaster may result in loss of life and property. This is due to the low of public knowledge on the preparedness and awareness of the natural phenomena and causes. To improve the knowledge of preparedness required learning models, one of it is quantum teaching by using ular tangga (snakes and ladders game) and engklek (hopscotch game). The purpose of this research was to improve the knowledge of preparedness to face the earthquake by using quantum teaching. This study took place at the fifth grade of Elementary School of 19 Banda Aceh. There were seventeen students for the samples. This was an action research that consisted of two cycles covering the stages of planning, action, observation, and reflection. The results showed that the learning outcomes of students reached 82.4 % in the first cycle and increased up to 94.1 % in the second cycle. The conclusion was teaching by using quantum models can improve students’ knowledge of preparedness to face the earthquake. This study was one of efforts to prepare the community through elementary school students to face the earthquake that might happen unexpectedly.
Keyword: Knowledge of Earthquake Preparedness, and Teaching Quantum Models
40
TOTAL VIEWS
0
DOWNLOADS
ALTMETRICS
Similar Articles
- Diki Muhamad Chaidir, Purwati Kuswarini Suprapto, IMPLEMENTATION OF 3D SOFTWARE TOWARDS REPRESENTATION MICROSCOPIC AND SPATIAL INTELLIGENCE OF PROSPECTIVE BIOLOGY TEACHERS , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 9 No. 1 (2021): JURNAL BIOTIK
- Bowo Sugiharto, Integration of Local Wisdom in the Implementation of the Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Policy in The Biology Education Study Programs in Indonesia: Analysis and Evaluation , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 12 No. 2 (2024): JURNAL BIOTIK
- Suriani Siregar, ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 7 No. 2 (2019): JURNAL BIOTIK
- Rahmadina Rahmadina, Linda Eriri, THE EVALUATION OF BIOLOGY TEACHING USING INVERTEBRATE TAXONOMY TEXTBOOK , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 9 No. 2 (2021): JURNAL BIOTIK
- Nafisah Hanim, Zuraidah Zuraidah, Cut Ratna Dewi, Eriawati Eriawati, Ernilasari Ernilasari, Raihanul Muhsan, DEVELOPMENT OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA BASED ON THE PROBLEM SOLVING METHOD USING PREZI FOR THE TOPIC OF ENVIRONMENTAL CHANGES , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 12 No. 1 (2024): JURNAL BIOTIK
- Ernilasari Ernilasari, Saudah Saudah, Rizky Ahadi, Rubiah Rubiah, ETHNOBOTANICAL STUDY OF PLANTS USED FOR HAIR CARE BY GAYO WOMENS IN BENER MERIAH , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 11 No. 2 (2023): JURNAL BIOTIK
- Cut Nisna Juwita, Samingan Samingan, M. Ali Sarong, Penerapan Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbasis Multimedia Terhadap Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Sakti Kabupaten Pidie Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Biotik
- Nurlia Zahara, Djufri Djufri, M. Ali Sarong, Optimalisasi Pembelajaran Dengan E-Book Dan Media pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas X SMA Pada Materi Dunia Tumbuhan , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Biotik
- Dian Aswita, IDENTIFIKASI MASALAH YANG DIHADAPI GURU BIOLOGI DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MATERI EKOSISTEM , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 3 No. 1 (2015): JURNAL BIOTIK
- Mulyadi Mulyadi, Adlim Adlim, Djufri Djufri, MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik
You may also start an advanced similarity search for this article.