References
Toharuddin, Uus. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
Phearson, P.T.; Pollack, G.R.; and Sable, J.E. 2008. Increasing scientific literacy in undergraduate education: Acase study from “frontiers of science” at Columbia University.
Budiarto., W. dan Oka, A., A. 2014. Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi Berbasis Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) Untuk Siswa Kelas XI Semester Genap Tahun 2013/2014, Jurnal Pendidikan Biologi, 5, (2),123-130.
Farakhiyati. 2009. Pengembangan Buku Petunjuk Kimia Untuk SMP/MTS Kelas VII Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Skripsi. Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Suparno. 2001. Teori Perkembang-an Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
OECD. 2013. Survey International Program for International Student Assessment (PISA). (Online) (http: // www.oecd.org/pisa), diakses 15 Juni 2019.
Hendri,S., dkk. 2017. Pembelajaran Inkuiri Berbasis Virtual Laboratory Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Fisika Universitas Samudra. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA. JIPI. 1(2). 143-148.
Maturradiyah, N. & Rusilowati, A. 2015. Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas XII Di Kabupaten Pati Berdasarkan Muatan Literasi Sains. Unnes Physics Education Journal. 4(1): 16-20.
Yuyu, Y. 2017. Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. 3 (2): 21-28.
Mufida. N dan Teguh. J. 2018. Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. BIOSFER Jurnal Tadris Pendidikan Biologi. 9 (1). 24-35.
Rakhmawan, A. 2015. Perancangan Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Inkuiri pada Kegiatan Laboratorium. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 1 (1): 143-152.
Anggun, W., dkk. 2018. Kemampuan Awal Literasi Sains Peserta Didik Kelas V SDN Sidorejo I Tuban Pada Materi Daur Air. JTIEE. 2(1). 58-64.