PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PROGRAM PLP II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI PSDKU UNIVERSITAS SYIAH KUALA GAYO LUES DI SMP NEGERI 1 BLANGJERANGO
DOI:
https://doi.org/10.22373/biotik.v8i1.6557Keywords:
Persepsi siswa, keterampilan dasar mengajar, Program PLP IIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap keterampilan dasar mengajar mahasiswa Program PLP II Program Studi Pendidikan Biologi PSDKU Universitas Syiah Kuala Gayo Lues. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII dan IX SMP Negeri 1 Blangjerango tahun akademik 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Analisis data menggunakan teknik persentase dengan bantuan Microsoft Excell. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap (1) keterampilan bertanya mahasiswa, kategori “sangat baik” nilai persentase 86,18%; (2) keterampilan memberi penguatan, kategori “baik” nilai persentase 75,32%; (3) keterampilan variasi stimulus, kategori “sangat baik” nilai persentase 85,61%; (4) keterampilan membuka dan menutup pelajaran, kategori “sangat baik” nilai persentase 80,90%; dan (5) keterampilan mengelola kelas, kategori “sangat baik” nilai persentase 82,81%. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan dasar mengajar mahasiswa Program PLP II Program Studi Pendidikan Biologi PSDKU Universitas Syiah Kuala Gayo Lues adalah “sangat baik” (persentase 82,16%).
Downloads
References
Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Mulyasa, E. 2011. Menjadi Guru
Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Riduwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Pramitasari, Amelia, Yeniar Indriana,
Jati Ariati. 2011. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Metode Pembelajaran Kontekstual dengan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Riau. Jurnal Psikologi Undip 9 (1).
Lestari, I.A, Hermansyah Amir, Salastri Rohiat. Hubungan Persepsi Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri Sekota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017 Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Kimia. Alotrop. 2017: 1(2): 113-116.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.