PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PROGRAM PLP II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI PSDKU UNIVERSITAS SYIAH KUALA GAYO LUES DI SMP NEGERI 1 BLANGJERANGO

Fajar Okta Widarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap keterampilan dasar mengajar mahasiswa Program PLP II Program Studi Pendidikan Biologi PSDKU Universitas Syiah Kuala Gayo Lues. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah  siswa kelas VIII dan IX SMP Negeri 1 Blangjerango tahun akademik 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Analisis data menggunakan teknik persentase dengan bantuan Microsoft Excell. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap (1) keterampilan bertanya mahasiswa, kategori “sangat baik” nilai persentase 86,18%; (2) keterampilan memberi penguatan, kategori “baik” nilai persentase 75,32%; (3) keterampilan variasi stimulus, kategori “sangat baik” nilai persentase 85,61%; (4) keterampilan membuka dan menutup pelajaran, kategori “sangat baik” nilai persentase 80,90%; dan (5) keterampilan mengelola kelas, kategori “sangat baik” nilai persentase 82,81%. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan dasar mengajar mahasiswa Program PLP II Program Studi Pendidikan Biologi PSDKU Universitas Syiah Kuala Gayo Lues adalah “sangat baik” (persentase 82,16%).


Keywords


Persepsi siswa, keterampilan dasar mengajar, Program PLP II

Full Text:

PDF

References


Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Mulyasa, E. 2011. Menjadi Guru

Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Pramitasari, Amelia, Yeniar Indriana,

Jati Ariati. 2011. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Metode Pembelajaran Kontekstual dengan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Riau. Jurnal Psikologi Undip 9 (1).

Lestari, I.A, Hermansyah Amir, Salastri Rohiat. Hubungan Persepsi Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri Sekota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017 Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Kimia. Alotrop. 2017: 1(2): 113-116.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v8i1.6557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All works are licensed under CC BY-SA

Flag Counter    

 

Indexed by:

                     

 

Sponsored by:

Office Address

Jl. Syeikh Abdul Rauf Komplek Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh 23111, Email: jurnal.biotik@ar-raniry.ac.id

Contact Person

Samsul Kamal (HP. 0813-6003-0895), Elita Agustina (HP. 0852-7741-7176), Mulyadi (HP. 0812-6909-431)