Artikel
Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Materi Pengklasifikasian Phylum Arthropoda Melalui Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)
Affiliation Details
- Fakhrah Fakhrah: Program Studi Magister Pendidikan Biologi PPs Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
- Muhibbuddin Muhibbuddin: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
- M. Ali Sarong: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) dengan model pembelajaran konvensional pada materi pengklasifikasian phylum arthropoda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain kontrol grup tes awal dan tes akhir. Penelitian telah dilaksanakan pada kelas X1 menggunakan model pembelajaran direct instruction dan kelas X2 menggunakan model konvensional. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes pemahaman konsep, keterampilan proses sains dan angket. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes kemampuan awal siswa (pretes), tes kemampuan akhir siswa (postes), data peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains (N-Gain), dan data tanggapan siswa terhadap model pembelajaran direct instruction yang diukur dengan angket. Hasil uji statistik untuk pemahaman konsep diperoleh hasil t-hitung 5,734, sedangkan untuk keterampilan proses sains diperoleh hasil t-hitung 24,90 dengan nilai t-tabel 1,645. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran direct instruction dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction), Pemahaman Konsep, dan Keterampilan Proses Sains.
This study aimed at improving students’ understanding of science concepts and processing skills by implementing Direct Instruction model and conventional learning model on the classification of the phylum arthropods material. This study used experimental method with pre-test and post-test control group design. It has been conducted at class X1 as experimental class (implementing Direct Instruction) and class X2 as control class (implementing conventional learning model). The data were collected by pre-test and post-test, and also test of science processing skills as well as questionnaires. The improvement of students’ understanding of science concepts and processing skills were analyzed by using N-Gain, while the data of students’ response toward the implementation of direct instruction were measured by using questionnaire. The result of t-test for students’ understanding of the concept was 5.734, whereas for science processing skills the t-test was 24.90 with the t-table 1.645. The conclusion was that there was improvement on students’ understanding of science concepts and processing skills that were taught by using direct instruction model compare to those who were taught by using conventional learning model.
Keyword: Direct Instruction, Understanding Concepts and Science Processing Skills
80
TOTAL VIEWS
1
DOWNLOADS
ALTMETRICS
Similar Articles
- Salwati Salwati, Mustafa Sabri, Muhammad Ali Sarong, PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERMBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DI KELAS VII MTsN RUKOH BANDA ACEH , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 5 No. 1 (2017): JURNAL BIOTIK
- Cut Zaitun Umara, Cut Nurmaliah, Khairil Khairil, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMP , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 4 No. 2 (2016): JURNAL BIOTIK
- Wati Oviana, Peningkatan Keterampilan Proses Mahasiswa Pgmi Melalui Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran IPA MI , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 1 No. 2 (2013): Jurnal Biotik
- Nurmaliah Nurmaliah, Suhrawardi Ilyas, Evi Apriana, Penggunaan Metode Karyawisata Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Keanekaragaman Hayati , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik
- Fatemah Rosma, Mauizah Hasanah, Asy Syifa, Integrating Gamified Blended Learning in Biology Education: Enhancing Scientific Literacy and Critical Thinking Skills in Higher Education , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 13 No. 2 (2025): JURNAL BIOTIK
- Teuku Musreza Fonna, Adlim Adlim, Muhammad Ali S, Perbedaan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia Di SMA Negeri Unggul Sigli , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 1 No. 2 (2013): Jurnal Biotik
- Eva Nauli Taib, Ika Fazira, Cut Ratna Dewi, Evinopita Taib, TWO-TIER MULTIPLE CHOICE (TTMC) INSTRUMENT FOR MEASURING STUDENTS' COMPLETE ABILITY QUESTION EVALUATED LEVEL (C5) , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 11 No. 1 (2023): JURNAL BIOTIK
- Ernilasari Ernilasari, Yuslinaini Yuslinaini, Saudah Saudah, Rizky Ahadi, ETNOPHARMACOLOGY OF SPICES AS TRADITIONAL MEDICINE IN ACEH RURAL COMMUNITIES CENTRAL ACEH , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 10 No. 2 (2022): JURNAL BIOTIK
- Nukhbatul Bidayati Haka, Alfiyani Leoninda, Meita Dwi Solviana, Hardiyansyah Masya, Hardiyansyah Masya, Nur Hidayah, The Role of the ASICC-SLICES Model in Promoting Science Literacy and Collaboration Skills: A Pathway to Educational Sustainable Development , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 13 No. 1 (2025): JURNAL BIOTIK
- Wira Yanti, PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X IPA 1 SMA NEGERI 15 KOTA TAKENGON TAHUN PELAJARAN 2018-2019 , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 7 No. 2 (2019): JURNAL BIOTIK
You may also start an advanced similarity search for this article.
Most read articles by the same author(s)
- M. Ali Sarong, M. Rijal, Hanifuddin Hanifuddin, Mimie S., Asri Mursawal, Rudi Hermi, BIOTA DASAR PERAIRAN EKOSISTEM MANGROVE KABUPATEN ACEH JAYA PROVINSI ACEH , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 8 No. 1 (2020): JURNAL BIOTIK
- Vivera Ruselli Puspa, Miftahul Munawwarah, Djufri Djufri, Wardiah Wardiah, Safrida Safrida, Muhibbuddin Muhibbuddin, HERBAL SPECIES DIVERSITY IN PUTROE ALOEH TOURISM AREA, JEUMPA DISTRICT, SOUTHWEST ACEH REGENCY , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 11 No. 1 (2023): JURNAL BIOTIK
- Dini Fitria, Muhibbuddin Muhibbuddin, Safrida Safrida, PEMBELAJARAN MELALUI MODUL BERBASIS KONSTRUKTIVISME DALAM UPAYA MENGATASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA KONSEP SEL DI SMA NEGERI 2 SABANG , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 5 No. 2 (2017): JURNAL BIOTIK
- Fadliyani Fadliyani, Muhibbuddin Muhibbuddin, M. Ali Sarong, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik
- Finta Yani Afrizal, Mudatsir Mudatsir, M. Ali Sarong, Perbedaan Hasil Belajar Siswa MAN I Takengon Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Dan Tipe Jigsaw Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Biotik
- Nurlia Zahara, Djufri Djufri, M. Ali Sarong, Optimalisasi Pembelajaran Dengan E-Book Dan Media pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas X SMA Pada Materi Dunia Tumbuhan , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Biotik
- Cut Nisna Juwita, Samingan Samingan, M. Ali Sarong, Penerapan Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbasis Multimedia Terhadap Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Sakti Kabupaten Pidie Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Biotik
- Annie Kusharyanti, M. Ali Sarong, Suhrawardi Ilyas, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Zat Aditif Makanan Berkaitan Dengan Kesehatan Terhadap Sikap Kognitif Dan Aktivitas Siswa Kelas VIII MTsN Rukoh Kota Banda Aceh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik
- Suhendra Putra, M. Ali Sarong, Ismul Huda, POLA PERSEBARAN GASTROPODA DI EKOSISTEM MANGROVE SUNGAI REULEUNG LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 6 No. 1 (2018): JURNAL BIOTIK