DAMPAK PENDAPATAN KELUARGA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI

Vebionita Megi Putri, Dadan Suryana

Abstract


Keluarga merupakan orang terdekat yang dimiliki oleh anak, segala hal pertama bagi anak dimulai dan didapat. Pemenuhan segala kebutuhan anak merupakan tanggung jawab dari orang tua karena sebagai pemenuh sarana dan fasilitas bagi anak. Oleh karena itu, pendapatan keluarga menjadi bagian terpenting dalam proses perkembangan anak. Didesa Salibawan sebagian besar orang tua berpendapatan menengah kebawah yang mengakibatkan anak turut membantu perekonomian sehingga anak dituntut menjadi mandiri dengan sendirinya. Metode yang digunakan pada penelitian iini ialah metode kuantitatif dengan pendekatan etnometodologi tentang bagaimana individu menciptakan dan memahami kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar dampak yang ditimbulkan dari pendapatan keluarga dengan kemandirian anak di desa Salibawan, hasil penelitian didapati terdapat dampak besar antara pendapatan keluarga di desa Salibawan dengan tingkat kemandirian anak usia dini.

Keywords


Dampak Pendapatan Keluarga, Kemandirian

References


Amini, Mukti. "Profil Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Tk." Jurnal Ilmiah Visi Pptk Paudni 10, No. 1 (2015): 9-20.

Ardy, Wiyani & Novan. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogjakarta: Arruzz, 2013.

Hardi, Katharina Retni Wahanani. "Hubungan Kondisi Ekonomi Keluarga Dengan Kemandirian Dan Kreativitas Belajar Siswa Di Sman 7 Yogyakarta Dan Sman 8 Yogyakarta." Skripsi (Universitas Sanata Dharma), 2018.

Jailani, Syahran. "Teori Pendidikan Keluarga Dan Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini." Jurnal Pendidikan Islam 8, No. 2 (2014).

Kamaliah, Fitri. "Perbedaan Pola Pengasuhan Anak Berdasarkan Tingkat Pendapatan Keluarga." Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan 1, No. 1 (2019).

Lidyasari. "Pola Asuh Otoritatif Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak Dalam Setting Keluarga." Skripsi (Universitas Negeri Jakarta), 2010.

Novan. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Arr- Ruzz Media, 2013.

Puryanti. "Hubungan Kelekatan Anak Pada Ibu Dengan Kemandirian Di Sekolah." Skripsi (Unnes), 2013.

Puspitasari. "Hubungan Kemandirian Belajar Dan Kedisiplinan Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika." Jurnal Mitra Pendidikan 209, No. 91 (2017).

Sulistyaningrum, Yeni. "Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak (Studi Kasus Di Al-Azhar Kid’s World)." Skripsi (Universitas Negeri Malang), 2011.

Suyanto, Bagong. Masalah Soaial Anak. Jakarta: Kencana, 2010.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada, 2013.

Todaro, Michael. Pembangunan Ekonomi Di Dunia Ketiga. Jakarta: Erlangga, 2000.

Widianti, A. Penerimaan Orang Tua Terhadap Anak Penyandang Autisme. Skripsi: Universitas Katolik Soegiapranata, 2004.

Yuniati, Sri. "Pengaruh Pemberian Penguatan Positif Terhadap Kemandirian Anak." 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i1.12255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Vebionita Megi Putri, Dadan Suryana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.