PENGEMBANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN “BELAJAR DARI RUMAH” TEMATIK UNTUK ANAK USIA DINI DIMASA PANDEMI COVID 19 DI KOTA BANDA ACEH

Lina Amelia, Fitriah Hayati

Abstract


Saat ini Indonesia sedang dilanda bencana non alam yaitu COVID-19 (corona virus deseases nineteen). Dampak dari virus ini bukan hanya mengancam kesehatan masyarakat akan tetapi juga ekonomi masyarakat dan pendidikan termasuk pendidikan anak usia dini. Pemerintah Indonesia mengambil kebijakan didunia pendidikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan menerbitkan surat edaran bertanggal 24 Maret 2020 yang mengatur pelaksanaan pendidikan pada masa darurat penyebaran corona virus yaitu Kebijakan “Belajar dari Rumah” untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah. Penelitian ini dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah belajar dari rumah khususnya dalam bidang PAUD. Penelitian ini melakukan pengembangan kegiatan untuk anak usia dini didasarkan kurikulum 2013 PAUD yaitu Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak ( STPPA) Permendikbud No. 137. tahun 2014.dalam penelitian ini dikembangkan kegiatan pembelajaran pada 3 tema untuk usia 5-6 tahun yaitu tema aku dan anggota tubuhku, lingkungan sekitar tempat tinggalku, kebutuhan untuk hidup. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain 4D ( define, desain, develop dan disseminate).Pelaksanaan penelitian ini akan dilakukan dengan 3D (define, desain, develop). Tujuan pengembangan modul belajar dari rumah ini adalah untuk menjadi pedoman bagi orang tua anak usia dini dalam membimbing anak belajar dirumah selama pandemic covid19. Hasil dari define modul dihasilkan 3 tema di semester 1 yang akan dikembangkan dalam satu modul yang akan dihasilkan. Tiap tema meliputi indicator 6 aspek perkembangan anak yaitu nilai agama dan moral, fisik motoric, kognitif, Bahasa, social emosional dan seni. Tahap kedua desain , modul didesain untuk 10 minggu. Desain kegiatan belajar dari rumahnya 2 kegiatan perhari dengan bahan-bahan yang mudah didapat orang tua di rumah termasuk upaya pengenalan huruf oleh orang tua kepada anak secara bertahap.

Keywords


Anak Usia Dini , Covid 19, Belajar Dari Rumah

Full Text:

PDF

References


Arsendy. Senza, dkk. (2020). Riset dampak COVID-19: potret gap

akses online ‘Belajar dari Rumah’ dari 4 provinsi.

https://theconversation.com/riset-dampak-covid-19-potret-gap-aksesonline-belajar-dari-rumah-dari-4-provinsi-136534 ( diakses 30 juni 2020)

Helmawati. (2014). Pendidikan nasional dan optimalisasi majelis

ta’lim: peran aktif majelis ta’lim mrningkatkan mutu pendidikan. Jakarta :

rineka cipta

Helmawati. (2015). Mengenal dan memahami PAUD. Bandung :

Remaja Rosda Karya

Kemdikbud. (2020). SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan

Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 .

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbudpelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebarancovid19. ( diakses 30 juni 2020)

Mulyatiningsih, Endang. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang

Pendidikan. Yogyakarta : ALFABETA.

Permendikbud No 137, (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak

Usia Dini: Jakarta

Syah Aji, Rizqon Halal (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di

Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal

Sosial & Budaya Syar-I FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Vol. 7 No. 5

(2020), pp. 395-402, DOI: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Wardani. Anita, Yulia Ayriza.2020. Analisis Kendala Orang Tua dalam

Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal

Obsesi. Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 772-782.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lina Amelia, Fitriah Hayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

                                  Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak has been indexed by:


                 Support By:                                       Collaborated With:                   

   

               Visitors:

Flag Counter