ANALISIS KONSEP PENILAIAN PENDIDIKAN GURU PAUD (PG PAUD)

Desi Farijah, Hibana Yusuf, Iqlima Fitri Anisya Ramadanty, Siti Nur Aisyah, A'us Arief Ikhwani Hakim

Abstract


Konsep penilaian sikap dari pendidikan guru PAUD menjadi salah satu penilaian bagi mahasiwa dalam menempuh pendidikan di sebuah perguruan tinggi, penelitian sikap juga diartikan sebagai penerapan standar atau sistem dalam menetapkan keputusan terhadap sikap. Penilaian sikap sebagai bagian dari salah satu pembelajaran adalah refleksi atau cerminan, pemahaman dan kemajuan peserta didik secara individual, setiap pengajar mempunyai cara penilaiannya, tujuan daripenelitian ini untuk mengetahui analisis konsep penilaian sikap PG PAUD dengan menggunakan metode studi literatur yang digunakan pada penelitian ini dengan menganalisa, mengevaluasi, memadukan penelitian, teori dan praktik dari penelitian satu dengan penelitian lainnya yang sesuai dengan pembahasan. Hasil dari penelitian ini adalah penilaian sikap sangat penting bagi mahasiswa dimana mengandung sifat-sifat yang mencerminkan karakter seseorang seperti sopan santun, berbudi pekerti dan juga bertanggung jawab.


Keywords


Penilaian; Sikap; PG PAUD

References


Adhe, Kartika Rinakit. “Pengembangan Media Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD Di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.” Journal of Early Childhood Care and Education 1, no. 1 (2018): 26. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.3.

Ahmad, Laode Ismail. “Konsep Penilaian Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhinya.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (2017): 133–42. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i1.4133.

Dini, Jurnal Usia, Sariana Marbun, and Sumatera Utara. “Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran” 6, no. 1 (2020).

Febrialismanto. “Kata Kunci: Kompentensi Profesional, Guru Pg Paud, Kabupaten Kampar,” 2017, 121–36.

Laode Ismail Ahmad, “Konsep Penilaian Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhinya,” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (2017): 133–42, https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i1.4133.

Halida. “Analisis Konsep Diri Mahasiswa Pada Program Studi PG-PAUD FKIP UNTAN PONTIANAK.” Pendidikan Usia Dini 8, no. 1 (2014): 35–46. https://media.neliti.com/media/publications/117931-ID-analisis-konsep-diri-mahasiswa-pada-prog.pdf.

HARIANI, WINDA. “Evaluasi Implementasi Program Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Paud Di Tk Bunda Al-Munawaroh Korpri Jaya Sukarame Bandar Lampung.” Skripsi, 2020.

Imran, Ranny Fitria, and Rika Partikasari. “Pengembangan Model Pembelajaran Sains Dengan Konsep Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Pada Mahasiswa PAUD Universitas Dehasen Bengkulu.” Jurnal Ilmiah Potensia, 5, no. 2 (2020): 173–79.

Mursanib, M., and H. Zuama. “Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Penulisankarya Ilmiah (Pki) Melalui Sumber Belajar Lingkungan Pada Mahasiswa Program Studi Pg Paud.” Jurnal Kreatif Tadulako 18, no. 1 (2015): 124114.

Oktarina, Ani, Universitas Islam, Negeri Sunan, Kalijaga Yogyakarta, Universitas Islam, Negeri Sultan, and Syarif Kasih. “Keaktifan Belajar Mahasiswa Melalui Konsep MIKiR Pada Mata Kuliah Disain Pembelajaran PAUD Di Era Pandemi Covid-19” 4, no. 2 (2021): 131–44.

Putri, Safira Ayunda. “STUDI DESKRIPTIF : IMPLEMENTASI AUDITORY VERBAL THERAPY TERHADAP Diajukan Kepada Universitas Negeri Surabaya Untuk Memenuhi Persyaratan Penyelesaian Program Sarjana Pendidikan Luar Biasa Oleh : SAFIRA AYUNDA PUTRI.” Pendidikan Khusus 1 (2020): 1–8. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/34366.

Ray, Damaiwaty, and Jasper Simanjuntak. “Pendekatan Saintifik Dalam Mata Kuliah Konsep Dasar PAUD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa FIP Unimed T . A 2016 / 2017.” Bunga Rampai Usia Emas 2, no. 2 (2016): 18–25.

Rezieka, Dara Gebrina, Devi Vionita Wibowo, and Ma Insiyah. “Rejuvenasi Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Rejuvenation of Early Childhood Creativity Development Strategies.” Al-Athfaal Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (2021): 31–46.

Sigit Purnama, Rohinah, Ichsan, Suismanto, Nadlifah, Zubaedah, Lailatu Rohmah dan Hafidh ’Aziz. “Kurikulum Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.” Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local. 1, no. 69 (1967): 5–24.

Sinaga, Roni. “Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Mahasiswa PG-PAUD FIP Unimed Dalam Pembelajaran Daring.” Jurnal Usia Dini 6, no. 2 (2020): 1. https://doi.org/10.24114/jud.v6i2.22187.

Suyadi, Dahlia. Implementasi Dan Inovasi Kurikulum Paud 2013. Edited by

Nita. Cetakan ke. Bandung, 2017.

Trihantoyo, Syunu. “Implementasi Tipe Student Teams–Achievement Divisions (STAD) Sebagai Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Manajemen PAUD.” Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (2017): 15. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p15-23.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i2.14473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Desi Farijah, Hibana Yusuf, Iqlima Fitri Anisya Ramadanty, Siti Nur Aisyah, A'us Arief Ikhwani Hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.