MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER ANAK MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER DI MIN TUNGKOP ACEH BESAR

Nurussalami Nurussalami

Abstract


Pembinaan karakter anak melalui Program ekstrakurikuler di MIN Tungkop Aceh Besar dengan tujuan yaitu untuk mengetahui bentuk-bentuk pembinaan karakter peserta didik di MIN Tungko Aceh Besar, untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan karakter peserta didik melalui Program ektrakurikuler di MIN Tungkop Aceh Besar, untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pembinaan karakter peserta didik di MIN Tungko Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoan wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Berdasarkan hasil pengumpulan dan pengolahan data, maka hasilnya dapat dirangkum, sebagai berikut: Bentu-bentuk pembinaan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler di MIN Tungko Aceh Besar antara lain: kegiatan keagamaan, upacara bendera, kegiatan SKJ, kegiatan kepramukaan. Rancangan dan pelaksannaan Pembinaan karakter di MIN Tungkop Aceh Besar dirancang dengan menyesuaikan semua kegiatan sekolah baik intrakurikuler, ko-kurikuler dan ekstrakurikuler terhadap visi sekolah yaitu menjadikan anak didiknya bertakwa kepada Allah SWT. Pembinaan karakter peserta didik di MIN Tungkop Aceh Besar dilaksanakan melalui beberapa kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengkondisian, kegiatan ko-kurikuler, kegiatan keseharian di rumah, pemberian waktu tambahan untuk kegiatan ekstrakurikuler dan juga bekerja sama dengan pihak keluarga dan sekolah. Faktor-faktor pendukung dan penghambat pembinaan karakter peserta didik di MIN Tungko Aceh Besar diantara lain faktor pendukung: antusias dan semangat peserta didik, kerja sama, kekompakan semua pihak, dukungan orang tua, keteladan guru, komunikasi yang baik antara siswa dan guru, alokasi waktu yang cukup. Sedangkan faktor penghambat: kurangnya tenaga pendidik untuk kegiatan ekstrakurikuler, perbedaan latar belakang keluarga, adanya beberapa peserta didik yang dibimbing, dan hal itu mempengaruhi temannya, pergaulan anak, jarak rumah peserta didik dan guru jauh dan Keterbatasan sarana dan prasarana dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler

Keywords


Manajemen, pembinaan, karakter anak, ekstrakurikuler

Full Text:

PDF

References


Dirjen Dikdasmen Depdikbud, Petunjuk pelaksanaan dan pengolahan kurikulum buku II. Jakarta : Bulan Bintang 1984.

Elo Adam, Ambo dan Ismail Tolla.Dasar-dasar Administrasi Pendidikan, Cet. II; Ujung Pandang FIP IKIP 1984.

Faidillah Kurniawan dan Tri Hadi Karyono, “Ekstra Kurikuler Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Siswa di Lingkungan Pendidikan Sekolah”, Skripsi (Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Kepelatihan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, 2010

Gaffar Abdul, “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V di MI DDI Lerang- Lerang Kab. Pinrang” 2013

Gunawan Heri. Pendidikan Karakter : Konsep dan Implementasi. Cet. III; CV. Alfabeta Bandung 2014

Hikmah Afroh Nailil. “Upaya Pembetukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SDIT Salsabila 2 Klaseman”. Skripsi. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga 2013.

Ihsan Faud. Dasar-dasar Kependidikan, Cet.I Jakarta; PT. Rineka Cipta.1996.

Indrakusuma Amir Daien. Pengantar Ilmu Pendidikan. Cet. I; Surabaya : Usaha nasional 1973.

Marimba Ahmad. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung : Al- Ma’arif 1989.

Mengawangi, Ratna. Pendidikan Karakter : Solusi tepat untuk membangun bangsa. Cet. Indonesia Haritage Foundation ; 2004.

Muh Ali, “Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Pembiasaan”, Skripsi, Enrekang, Ali, 2011.

Muthin Muhammad Abdul. ‘Nilai Pendidikan Islam Berbasis Budaya Jawa”. Skripsi. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga 2011.

Nawawi Hadari. Administrasi Pendidikan. Jakarta : Bina Aksara 1987 Room, Muhammad. Impelemtasi Nilai- Nilai Tasawuf Dalam Pendidikan Islam. Cet. III; Makassar : CV. Berkah Utami 2010.

Sepitri Mudanto, “Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas v SDN Banyurip 02”. Skripsi, Surakarta, Pitri, 2015.

Subagio, Joko. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta 1991

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta 2008.

Sugiono. Memahami Penelitian Kualitatif. Cet. VI; Bandung: Alfabeta 2010

Sukarto. Administrasi Pendidikan. Jakarta : Bina Aksara 1987.

Suryabroto. Prestasi Belajar Mengajar di Sekolah. Cet.I Jakarta; PT. Rineka Cipta 1999


Refbacks

  • There are currently no refbacks.