PERAN IBU DALAM PENGUATAN KARAKTER ANAK DI MASA PANDEMI COVID 19

Ainul Mardhiah

Abstract


Pendidikan karakter anak di masa pandemi covid 19 dalam keluarga dilakukan dengan pemodelan di mana orang tua merupakan model bagi si anak untuk dicontoh dan ditiru.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran keluarga dalam pendidikan karakter anak di masa pandemi covid 19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, subjek penelitian yaitu 4keluarga. Analisis data menggunakan teori Miles-Huberman, yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada masa pandemic covid 19 ibu memiliki peran penting dalam mendidik,membimbing, dan memberi kasih sayang terhadap anak-anaknya secara informal.Penelitian ini berkontribusi agar keluargasecara bersinergi dapat membina karakter anak.


Keywords


peran keluarga, penguatan karakter anak, masa pandemi covid 19

Full Text:

PDF

References


Ali Unal and Alphon se Williams, Advocate of Dialogue: Fethullah Gülen. (2000, Fairfax: The Fount ain, 2000).

Astuti, D., Rivaie, W., &ibrahim, Y. (2013). Analisis Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Smk Muhammadiyah Pontianak. (Doctoral dissertation, Tanjungpura University

Budi Andayani dan Koentjoro, Psikologi Keluarga Peran Ayah menuju Caparenting, (Sidoarjo: Laros, tt).

Ningrum, C. (2020). Metode Pembelajaran yang Mencerminkan Nilai-Nilai Setiap Karakter. BDK Jakarta Kemenag RI. https://doi.org/10.18326/mlt.v6i2.6581.

Yusuf BakirPasnawi, Pembinaan Kehidupan Beragama Islam Pada Anak (Semarang: Dina Utama, 1993), h, 12.

DodiRustandi, “Seminar Parenting Orang Tua Hebat, Anak Hebat” http://olgaceriasari.com/2014/05/13/seminar-parenting-orang-tua-hebat-anak-hebat/. (Di akses pada tanggal 7 Oktober 2020).

Save M.Dagun, Psikologi Keluarga, (Jakarta: Rineka Cipta , 2013), h 107.

Fathurohman, Peranan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat dalam Membentuk Kepribadian Remaja.

.

Sekar PurbariniKawuryan, Mengajarkan Pendidikan Damai padaAnak .http://core.ac.uk/download/pdf/11062509.pdf . (Diakses pada tanggal 6 Oktober 2021).

Lilik pranata, Sri indaryati, Maria Tarisia Rini, Bangun Dwi Hardika, Peran Keluarga sebagai Pendidik dalam Meningkatkan Pengetahuan Tentang pencegahan Covid 19. PROSIDING SEMINARNASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN 2021, “Penelitian dan Pengabdian Inovatif pada Masa Pandemi Covid-19”, ISBN: 978-623-6535-49-3.

Santika, I. G. N., Kartika, I. M., & Wahyuni, N. W. R. (2019). Pendidikan Karakter: Studi Kasus Peranan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak Ibu Sunah Di Tanjung Benoa. Widya Accarya. 10 (1), 54-66, https://doi.org/10.46650/wa.10.1.864.%25p

Susanti, Peran Keluarga dalam Pembentukan Karakter Anak. Almunawarah: Jurnal Pendidikan Islam, 8 (2), 2016: 30-48.

Zakiah Daradjat, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah (Jakarta: Ruhama, 1995).

Misliani, Hoktaviandri, Indah muliati. Peran Ibu Sebagai Pendidik Dalam Keluarga, Al-kawakib: Jurnal Kajian Keislaman, Volume 1 Nomor 1 Juli -Desember 2020.

Muhammad Muslih, Peran Ibu Dalam Melatih Pengamalan Beragama Pada Anak Di Lingkungan Keluarga, Educational Research in Indonesia (Edunesia) al Research in Indonesia (Edunesia) https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.103.

BirdaMudafiuddin, Presentasi peran ibu dalam iklan ((AnalisisisSemiotika pada Iklan Bertema hari Ibu), Jurnal Common | Volume 4 Nomor 1 | Juni 2020.

Muhammad Muslih, Peran Ibu Dalam Melatih Pengamalan Beragama Pada Anak Di Lingkungan Keluarga, Educational Research in Indonesia (Edunesia) al Research in Indonesia (Edunesia) https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.103.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.