Pembelajaran Qiraat di Era Digital: Telaah Maqra’ah Qur’aniyyah Online

Gumaa Ahmed Himmad, Ahmad Baha' Bin Mokhtar, Rifqi Hidayatil

Abstract


Maqra’ah, traditionally, has served as a cornerstone for Quranic education, aimed at preserving and transmitting the teachings of the Quran across generations within the Islamic community. Initially centered on face-to-face interactions, Maqra’ah has experienced a paradigm shift with the advent of modern technology, manifesting in the form of online Maqra’ah. This innovative model breaks down geographical and temporal barriers, connecting teachers and students globally. Despite its significant potential, this study identifies that the adoption of online Maqra’ah, especially those focused on Qiraat learning, remains relatively underexplored. Consequently, this research aims to describe various online Maqra’ah platforms offering Qiraat learning programs, utilizing a literature study method. The findings reveal a diversity of Quranic Maqra’ah offering Qiraat education programs in contemporary times. The emergence of online Maqra’ah serves as an effective step in preserving the knowledge of Qiraat, which has become somewhat alienated among the Muslim community in recent decades. The advent of online Maqra’ah presents a new alternative, facilitating students in deepening their Qiraat studies and potentially serving as an effective and flexible learning method..

Abstract: Maqra’ah, secara tradisional, merupakan pusat pembelajaran Al-Quran yang bertujuan untuk mempertahankan dan menyampaikan pengajaran Al-Quran dari generasi ke generasi dalam komunitas Islam. Maqra’ah yang pada awalnya berfokus pada interaksi tatap muka, telah mengalami pergeseran dengan pemanfaatan teknologi modern yang berupa maqra’ah online. Model inovatif ini memecahkan batasan geografis dan waktu, menghubungkan guru dan murid dalam lingkup global. Meskipun potensinya yang besar, penelitian ini mengidentifikasi bahwa adopsi maqra’ah online, khususnya yang fokus pada pembelajaran ilmu qiraat, masih belum begitu populer. Oleh karena itu kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai platform maqra’ah online yang menyediakan pembelajaran ilmu qiraat dengan metode studi kepustakaan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa terdapat berbagai macam maqra’ah Al-Quran yang menawarkan program pembelajaran ilmu qiraat di zaman sekarang. Munculnya maqra’ah online telah menjadi sebagai satu langkah efektif dalam melestarikan ilmu qiraat yang sudah terasa asing dalam kalangan umat Islam sejak beberapa dekade terakhir. Kehadiran maqra’ah online telah menjadi alternatif baru yang dapat memudahkan para pelajar mendalami studi qiraat dan berpotensi menjadi metode pembelajaran yang efektif dan fleksibel. 


Keywords


Maqra’ah Online; Qiraat; Studi Quran; Platform Pembelajaran Digital

Full Text:

PDF

References


Abdulwaly, Cece. Menghitung Jumlah Ayat-Ayat Al-Qur’an. Sukabumi: Farha Pustaka, 2021.

Al-Anshari, Jamaluddin Ibnu Manzhur. Lisan al-’Arab. 3 ed. Vol. 13. Beirut: Dar Shadir, 1994.

Al-Hamdani, Ali bin Muhammad bin Abdul Samad. Jamal al-Qurra’ wa Kamal al-Iqra’. Disunting oleh Marwan Al-Athiyyah. 1 ed. Beirut: Darul Makmun Li al-Turath, 1997.

Al-Jazari, Muhammad bin Muhammad bin Yusuf. Munjid al-Muqriin wa Mursyid al-Thalibin. Beirut: Darul Kutub al-’Ilmiyyah, 1999.

Al-Kurdi, Muhammad Thahir bin Abdul Qadir. Tarikh Al-Qur’an. Jeddah: Percetakan al-Fath, 1946.

Al-Maqdisi, Abdurrahman bin Ismail bin Ibrahim. Ibraz al-Ma’ani min Hirz al-Amani. Beirut: Darul Kutub al-’Ilmiyyah, t.t.

Al-Mas’ul, Abdul Ali. Mu’jam Mushtalahat Ilmi al-Qiraat Al-Qur’aniyyah. 1 ed. Cairo: Darussalam, 2007.

Al-Mubarakfuri, Sofiyyurrahman. Al-Raheeq al-Makhtoum: Sirah Lengkap Muhammad S.A.W. Malaysia: Pustaka Buku Putih, 2016.

Al-Nuwairi, Muhibbuddin. Syarh Thayyibat al-Nasyr fi al-Qiraat al-’Asyr. Beirut: Darul Kutub al-’Ilmiyyah, 2003.

Al-Tunusi, Muhammad al-Thahir bin ’Ashur. Al-Tahrir wa al-Tanwir. Tunis: al-Dar al-Tunusiah, 1984.

“Belajar Qiraat LPTQ Riau,” Google Play, https://play.google.com/store/apps/details?id=com.lptqriau.belajarqiraat&pcampaignid=web_share.

“Syarah Khutbatul Kitab (bait 1 - 43): Fi Rehaab As-Syathibiyyah: Sdr. Mochamad Ihsan Ufiq,” ufiQatar Channel, diunggah 20 November 2018, https://www.youtube.com/watch?v=WvJCRn3ReNw.

Gumaa Ahmed Himmad, Ahmad Baha’ bin Mokhtar, dan Rifqi Hidayatil. “Matan-Matan Utama Dalam Pengajian Ilmu Qiraat: Analisis Metode Penulisan Dan Simbol.” Qiraat: Jurnal Al-Quran Dan Isu-Isu Kontemporari 6, no. 2 (2023): 20–34. https://doi.org/10.53840/qiraat.v6i2.65.

———. “Sumbangan Pengajian Ilmu Qiraat di Era Moden.” Journal of Maʿālim al-Qurʾān wa al-Sunnah 19, no. 2 (Desember 2023): 413–33. https://doi.org/10.33102/jmqs.v19i2.452.

Hariyanto, Ahmad. “Jam‘ Al-Qira’at Al-Sab‘ (Studi Komparatif Kitab Faid Al-Barakat Fi Sab‘ Al-Qira’at Dan Kitab Manba’ Al-Barakat Fi Sab‘ Qira’at).” UIN Sunan Kalijaga, 2017. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28419.

Hayati bin Hussin, Muhammad Hafiz bin Saleh, Abdul Rahim bin Ahmad, Abd Rahman Abd Ghani, dan Nur Zainatul Nadrah binti Zainol. “Penggunaan Teknologi Multimedia (PTM) Dalam Kursus Qiraat: Kajian Terhadap Program Qiraat di Darul Qur’an, JAKIM.” Journal of Quran Sunnah Education and Special Needs (JQSS) 7, no. 2 (Desember 2023): 39–51. https://doi.org/10.33102/jqss.vol7no2.202.

Laman web Maqra’ah al-Jami’ah al-Islamiah, https://play.google.com/store/apps/details?id=almaqraa.student.

Laman web resmi al-Maqari Al-Qur’aniyyah, https://elearning.almaqari.sa/ar.

Laman web resmi al-Maqra’ah al-Hatifiyyah, https://www.qj.org.sa/index.php?op=project&id=4.

Laman web resmi al-Maqra’ah al-Ilikturuniyah al-‘Alamiyyah bi al-Qirāat al-‘Asyr li al-Rijal Wa al-Nisa, https://t-alwahyain.org/.

Laman web resmi al-Maqra'ah al-Iliktruniyyah al-‘Alamiyyah Li al-Nisa, http://e-maqraa.com/women/video?p=2.

Laman web resmi Maqare: https://maqare.com/ar/.

Laman web resmi Maqra’ah Akadimiyyah al-Ta’lim al-Maftuh, https://open-learning.net.

Laman web resmi Maqra’ah al-Haramain, https://maqraa.gph.gov.sa/.

Laman web resmi Maqra’ah al-Jazair al-Iliktruniyyah, https://maqraa.dz/.

Laman web resmi Maqra’ah al-Sharjah al-iliktruniyyah al-‘Alamiyyah, https://holyquran.shj.ae/online-academy#sections_1.

Laman web resmi Maqra’ah Jami’ al-Malik Khalid li al-Qirāat Al-Qur’aniyyah, https://www.taalmalquraan.com/2020/05/blog-post_57.html.

Laman web resmi Maqra’ah Wasth al-‘Alamiyyah, http://al-maqraa.com/main.

Purba, Elvis F, dan Parulian Simajuntak. Metode Penelitian. Medan: Percetakan Sadia, 2012.

Salma Matia Ilpaj, dan Nunung Nurwati. “Analisis Pengaruh Tingkat Kematian Akibat Covid-19 Terhadap Kesehatan Mental Masyarakat di Indonesia.” Fokus: Jurnal Pekerjaan Sosial 3, no. 1 (Juli 2020): 16–28. http://dx.doi.org/10.24198/focus.v3i1.28123.

Umar, Ahmad Mukhtar Abdul Hamid. Mu’jam al-Lughah al-’Arabiyyah al-Mu’ashirah. Cairo: ’Alim al-Kutub, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/substantia.v26i1.21938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Gumaa Ahmed Himmad, Ahmad Baha' Bin Mokhtar, Rifqi Hidayatil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SUBSTANTIA: JURNAL ILMU-ILMU USHULUDDIN 
DITERBIKAN OLEH: 
FAKULTAS USHULUDDIN DAN FILSAFAT
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) AR-RANIRY BANDA ACEH, ACEH INDONESIA

 

ALAMAT REDAKSI:
Gedung Fakultas Ushuluddin Lantai II, Fakultas Ushuluddin, UIN Ar-Raniry, Jln. Lingkar Kampus, Kopelma Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7551295. eMail: substantia.adm@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.